Serunya Body Rafting di Green Canyon Pangandaran

Green Canyon (Foto credit : Firman)

Finsya ngajakin untuk Buka Trip ke Green Canyon Pangandaran di bulan September 2014, karena sebelumnya dia sudah pernah kesana jadi dia tahu contact person di sana. Katanya teman teman dia banyak yg pengen kesana jadi gw di minta untuk back up kalau banyak yg mau ikut, ok gw sih mau aja secara gw pengen banget ngerasain body rafting di sana. Karena peserta cuma ada 14 orang jadinya kita pake mobil Finsya & mobilnya Heru temannya Finsya. Semua yg ngatur si Finsya dari booking body rafting, homestay, makan sampai itinerary nya, kali ini dia jadi TL nya & gw ngikut dia aja. Gw cuma dimintain uang Rp. 300.000,- lumayan lha menghemat karena kalau ikut trip orang itu harganya bisa Rp. 600.000,-/orang. Finsya nyuruh uang pembayaran dari gw di transfer ke orang sana untuk DP homestay, homestay nya murah cuma Rp. 600.000,- ada 3 kamar pula & untuk makan selama disana bisa pesan harganya Rp. 20.000/orang.

Jujur waktu mau berangkat kantong gw lagi kempes banget untung sehari sebelumnya Big Boss gw yg baik hati tiba tiba ngasih uang 100 dolar senangnya minta ampun. Jadi selalu percaya dengan kata kata " Selalu ada jalan untuk orang yg suka jalan - jalan ". Karena Agung & Deli sudah pernah bodyrafting di green canyon jadi mereka nga ikut, jadi yg ikut ada Finsya, Anissa pacarnya Finsya, Iman, Noval, Mey & sisanya teman teman Finsya.  Kita berangkat hari jumat, meeting point di bekasi jam 10 malam. Gw, Mey, Noval & Iman janjian di stasiun mangarai menuju stasiun bekasi karena si Finsya jemput kita di sana. Setelah semua kumpul kita langsung berangkat, Gw & Mey duduk di bangku paling belakang. Antimo sudah siap sedia untuk menemani perjalanan yg lumayan jauh, Gw & Mey langsung minum 2 biji biar tidurnya nyenyak. Dari jakarta si Finsya bawa mobil sampai bandung, dari bandung baru tukeran sama si Noval. Luar biasa si Noval bawa mobilnya uda kaya supir bis malam yg suka ngebut, gw baru tau kalau ternyata dia punya bakat jadi supir.

Jam 6 pagi sudah masuk daerah Pangandaran, jalanan sedikit macet karena ada perbaikan jalan & tiba tiba seperti biasa perut gw kontraksi. Val gw sakit perut nih nga kuat bisa berhenti nga? " nga bisa di tahan yah Jul sampai ketemu mesjid ini lagi macet ". Nga bisa gw udah nga kuat, udah lo berhenti di rumah orang aja ntar gw permisi minta ijin numpang ke kamar kecil uda di ujung tanduk nih gw. Mau nga mau si Noval berhenti, gw ngajak si Annisa jadi senjata biar di ijinin sama yg punya rumah karena muka dia kan muka anak baik baik & berhijab pula. Kebetulan dia juga pengen buang air kecil, akhirnya gw dengan muka nga tau malu karena kebelet numpang ke rumah orang. Thank God akhirnya di bolehin sama yg punya rumah, lega banget rasanya hehehe ....
Kebetulan yg punya rumah buka warung jadi gw sekalian jajan, setelah ijin pamit kita langsung jalan lagi ke cukang taneuh base camp tempat body raftingnya. Jam 7 pagi sampai di lokasi, istirahat sebentar & sarapan sebelum body rafting biar ada tenaga. Jam 9 kita siap siap untuk body rafting, memakai lengkap perlengkapan untuk body rafting & kita menuju start dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Sampai di Base camp
Siap siap
Setelah sampai start point si ranger nya mengingatkan kembali untuk HP & perhiasan bisa di titipkan karena takut hilang pas lagi body rafting.

Ayo barang berhargnya di amankan
Eca lo banyak kutunya yah
Sebelum turun
Untuk menuju ke sungai green canyon kita harus trekking turun ke bawah selama kurang lebih 15 menit jadi lumayan bikin keluar keringat.

Otw
Trek ke sungai
Poto dulu lha
Setelah sampai sungai mata langsung segar ngeliat sungai Green Canyon yg benar benar hijau & keren banget, jadi pengen buru buru nyemplung. Sebelum turun si ranger memberitahukan bahwa ada beberapa hal yg tidak boleh di ucapkan, seperti ngomong kasar & menyebutkan nama hewan hewan. Gw ngatau kenapa atau mungkin dulu pernah ada cerita tap yg psti kita harus mengikuti apa yg di beritahukan si ranger demi keselamatan bersama. Perjalanan dari start ke finish memakan waktu kurang lebih 4 jam jadi lumayan juga yah. Sambil nunggu antrian untuk loncat dari batu pertama kita foto foto dulu.

Ada Goa
Foto sebelum basah basahan

Baru aja mulai kita langsung di uji adrenalinnya dengan loncat di batu pertama, untuk yg nga berani bisa langsung turun ke bawah. Tadinya gw memberanikan diri untuk loncat tapi setelah di ujung batu kaki langsung gemeteran karena ngeliat ke bawah ada batu juga. Karena ragu gw memilih untuk turun dari pada baru mulai uda trauma hehehe ...
Untuk awal perjalanan jeramnya belum terlalu besar jadi masih bisa menikmati aliran sungai dengan menghanyutkan diri terbawa arus (lebay banget bahasanya).

View (Foto credit : Finsya)
Pegangan biar nga putus
Yeayyy
Ehh kita di foto

Bukan Hujan
with Noval supir bis malam
Oke nga berapa lama kita harus lompat dari atas batu satu persatu satu, nga usah kwatir karena ada banyak ranger yg jaga.

lagi ngantri (Foto credit : Firman)
Ayo Listi Loncat
Cowo ko ragu ragu jadi di dorong kan
Cepetan turun (Foto credit : Firman)
Annisa
Di tengah perjalanan kita break sebentar untuk isi perut dulu karena lumayan banyak energy yg keluar. Treknya lumayan menantang harus melewati beberapa rintangan seperti jeram blender yg pas kita lewatin pasti ke puter dalam arus.

Break (Foto credit : Firman)
Candid
Cantik yah viewnya :p
Pas lagi istirahat yg lain cek HP yg di titip ke dry bag nya Finsya & ternyata dry bag nya ke masukan air. Beberapa HP jadi basah termasuk yg iman hiks .. hiks .. hiks ..ya udah ntar bakal dapat gantinya yg lebih bagus dari yg kena air. Selesai break kita lanjut mengarungi perjalanan

Happy
Nyiprat
Sebelum keluar dari sungai green canyon ada spot namanya batu payung, tempat untuk loncat dari atas batu juga. Berhenti sebentar nungguin teman teman yg bulak balik loncat, tetap gw diem aja nontonin nga berani naik.

Mungkin Finsya lelah
Nice place (Foto credit : Firman)
Kebetulan pas di batu payung ngada dokumentasinya, sayang banget. Setelah dari batu payung nga berapa lama kita akan sampai di garis finish. Dari sini kita akan di jemput oleh perahu, karena perahunya lama datang jadi kita harus berenang sampai tempat istirahat atau kaya base camp gitu.
Pas disini si iman jalan belakangan kebetulan dia liat ada biawak lewat, serem juga yah. Pantesan si rangernya nyuruh jangan ngomong sembarangan nama hewan takut muncul kali yah tuh hewan penghuni sini hehehe ...

Circle
Nunggu siapa mba?
Setelah menunggu beberapa lama akhirnya perahu yg mau ngankut kita datang juga. Ternyata pintu keluar nya itu depan base camp kita, nama daerahnya cukang taneuh. Selesai body rafting waktu itu kira kira jam 2 siang, lucky us banget pas kesini air nya hijau. Padahal paginya uda mendung kita uda sedikit cemas kalau hujan bakal turun & takut bikin air nya nga hijau tapi ternyata cuaca cerah. Disini juga banyak wisatawan juga yg hanya sekedar sewa perahu untuk melihat sungai green canyon cukang taneuh.

Cukang Taneuh

Kita pun langsung bersih bersih & mandi, setelah mandi makan siang pun sudah di siapkan kita langsung makan karena lapar banget abis body rafting. Rencana kita setelah body rafting itu sunset di Batu hiu tapi karena jaraknya yg lumayan jauh & jalanan macet karena ada perbaikan jalan jadi si akang ranger nya menyarankan kita untuk ke pantai madasari saja. Oke kita langsung melanjutkan perjalanan karena sore itu cuaca mendung & awan gelap.

Haiii ...
Uda pada cape
Lomba balap gendong
Jangan tinggalin gw jul (Foto credit : Finsya)
Pantai Madasari
Di pantai Madasari kita nga lama karena sudah sore & cuaca yg mendung juga. Kita langsung ke homestay di daerah batu karas, perjalanan kurang lebih 30 menit. Setelah sampai di homestay kita langsung bagi kamar, untuk yg cewe tidur di kamar sedangkan yg cowo tidur di ruang tamu. Makan malam pun di antar ke homestay, menu makan malamnya ikan bakar yummy sayang si Mala nga ikut makan ikan bakar dia malah pesen indomie ke warung sebelah. Selesai makan & ngobrol sampai larut malam kita pun istirahat karena besok kita mau ke pantai Batu karas. Besok paginya kita semua bangun & jalan jalan ke pantai batu karas, di sana rame banyak yg jualan & banyak orang yg main surfing juga. Karena menurut kita biasa saja akhirnya si Iman cari tahu ke orang sana pantai mana yg bagus selain di sini. Kata orang sana ada pantai yg lumayan bagus & masih sepi tapi harus trekking selama kurang lebih 30 menit. Kalau mau nanti di anterin sama si kakang nya & kita cuma bayar uang rokok aja, yaudah akhirnya kita setuju & langsung cuss kesana.

Trek nya
Lumayan juga jalannya sedikit nanjak, setelah sampai pantainya si kakang yg nganterin kita pulang lagi. Benar saja pantainya sepi cuma ada kita & ada 5 orang cowo yg lagi main ke situ juga. Pantai di sini pantai berombak jadi kita uda di kasih tau untuk tidak berenang karena arus ombak nya. Oke kita hanya menikmati pantainya saja, ada yg foto foto, main air & sunbathing.

Pantainya masih sepi
Hijab Girls
Pusing pala nisa
Ceritanya lagi Sunbathing
Bukan model majalah :p

Selesai dari pantai kita langsung kembali ke homestay, mandi & packing untuk pulang.  Finsya menyelesaikan semua pembayaran untuk body rafting, makan & homestay. Makan siang kita minta di bungkus aja di box nasi karena buru buru karena takut macet & sampai jakarta subuh. Mampir sebentar di pantai pangandaran untuk makan, setelah makan siang kita melanjut kan perjalanan menuju jakarta. Di tasik kita mampir sebentar di toko saudaranya Noval katanya sih mo minta ole ole hehehe oke setelah noval selesai kita melanjutkan perjalanan lagi. Si Noval supir bis malam menancapkan gas,  buset bawanya uda kaya pembalap aja si Noval ada mobil polisi lewat dia ambil kesempatan untuk ikut dibelakang mobil polisi supaya di kasih jalan sama mobil yg lain. Akhirnya mobil yg satu lagi ketinggalan jejak kita karena si noval yg bawanya terlalu cepat. Kita berhenti sebentar untuk nunggu mobil nya heru, contact contact an akhirnya ketemu juga. Karena sudah malam juga & kita mampir makan pecel lele, yg traktir waktu itu si listi karena kebetulan hari itu dia ulang tahun.

Perjalanan menuju jakarta masih jauh Gw  & Mey pun minum antimo lagi supaya tidur kita nyenyak. Nga kerasa kira kira jam 2 malam kita sudah sampai jakarta, di rest area si Mey & Listi tukeran duduknya di mobil Heru. Mala & Komang di mobilnya Finsya karena rumah mereka searah dengan Gw & Iman. Di Uki Finsya nurunin kita ber empat & kita patungan naik taxi. Akhirnya Trip pun selesai badan berasa cape banget & badan pada biru biru karena kebentur batu pas body rafting tapi itu nga seberapa sama keindahan yg di dapat di sana. Green canyon akhirnya gw bisa menikmati keindahan mu, sumpah ini tempat rekomend banget. Kalau mau kesini gw saranin pas lagi nga musim hujan jadi bisa menikmati warna hijau tosca air sungainya. Untuk yg mau kesini bisa contact langsung ke Gw or Finsya yah hehehe ...

Thank You Green Canyon :)

1. Baru tau Julie punya blog. ayok yang semangat, seru ih tulisannya, macem kompor yang bikin orang jadi pingin ngebolang..cheers..

1. Makasih ndang, iya nih masih belajar harus banyak belajar & nanya sama lo & mba enno :D