Papandayan Garut, Gunung untuk Pendaki Pemula

Papandayan

Dian bbm Gw untuk ngajak jalan ke Papandayan di Garut, kata dia gunungnya cocok untuk pemula. Sebenernya gw pengennya ke gunung gede di waktu yg bersamaan si iman mau nanjak ke Gunug Gede karena dia uda daftar dari jauh jauh hari jadi gw nga bisa ikut karena telat & waktu itu gw ngada teman cewenya kesana. Dian juga ngajak Deli & Deli mau ikut karena belum pernah kesana. Yaudah lha akhirnya gw ikutan sekalian nyobain nanjak di Gunung yg nga terlalu tinggi. Waktu itu kita jalan di bulan april 2014 yg ikut ada shandy, Farid & Bang Theo temannya Dian, Deli ngajak sepupunya Edoy & Muds yg baru nikah terus mereka ngajak sepupunya juga dan satu lagi ada Deri temannya Finsya yg ikutan juga.

Yang ngurus semuanya dian dari cari info kesana melalui blog sampe logistic, si Edoy & Muds sebenarnya uda pernah ke papandayan jadi untung lha kita ada teman yg uda tau jalannya. Kita patungan 50.000/orang untuk logictic & sewa kompor + nesting, uangnya di transfer ke Dian karena dia yg belanja. Persiapan gw nga terlalu banyak karena semua uda ada dari tenda, kompor, nesting sampai sleeping bag. Sleeping bag nya sih minjem punya Bang Theo katanya satu sleeping bag bisa buat berdua jadi gw nanti join sama dian. Pas mau hari H sebenernya kondisi badan gw kurang fit lagi batuk, flu & demam, pengen cancel tapi gw pun pengen ikut kesana. Uda berobat dekat kosan nga sembuh juga akhirnya gw berobat lagi siapa tau dokter satunya bisa mendingan & syukur pas hari H badan gw uda fit. Bang theo pun mengalami kecelakaan kecil di motor jadi kaki nya luka & terpaksa dia nga jadi ikut karena kaki nya yg nga memungkinkan di ajak nanjak. Oke hari jumat pulang kantor gw langsung ke terminal kampung rambutan karena meeting point disana.

Mepo terminal Kp. Rambutan
Setelah kumpul semua kita makan malam dulu di pecel ayam depan terminal kampung rambutan sebelum berangkat supaya nga enter wind alias masuk angin. Gw waktu itu bertugas bawain sleeping bag nya Bang Theo & Dian bawa nesting + kompor. Pantes saja sleeping bag nya bisa buat berdua orang sleeping bag nya kaya bed cover jadi kaya bawa tas gede hehehe ...
Selesai makan kita langsung naik bis menuju Garut ongkosnya waktu itu kira kira 45.000/orang. Sekitar jam 3 subuh kita turun di daerah terogong karena dian uda booking mobil untuk jemput kita jadi kita nga ke terminal guntur. Ternyata si mobil nga nongol nongol juga & di telfon nga aktif, akhirnya kita memutuskan untuk ke terminal guntur saja. Karena masih subuh jadi masih jarang angkot lewat & untung waktu itu ada angkot lewat yg isinya ibu ibu mau belanja ke pasar, ongkosnya murah cuma 3.000. Dari terminal guntur kita nyambung naik elf ke Cisurupan, ongkos waktu itu sekitar 12.000/orang.

Setelah sampai Cisurupan kita istirahat sebentar di depan toko sampai nunggu terang baru kita naik ke atas. Pas istirahat gw mikir kayanya ada yg kurang deh & benar aja kan, gw nanyain sleeping bag ke si Dian. " Ian sleeping bag sama lo kan yah ? dian jawab " Kan sleeping bag lo yg bawa  ka Jul ", terus gw diem cengo sambil nginget dimana sleeping bag ketinggalan. Pas turun dari bis kayanya si kenek nga ada nurunin sleeping bag deh, apa ketinggalan di tukang pecel yah. Ohh iya gw baru inget kalau tuh sleeping bag gw taro dibawah meja tukang pecel, untung kan ketinggalannya disana coba kalau di bis bisa repot. Akhirnya gw langsung sms Bang Theo mumpung ada sinyal nyuruh supaya ngambil sleeping bag nya disana nanti malam, kalau nga sempat niatnya pulang dari Papandayan nanti gw mampir. Sekarang bingung kan tidur pake apa secara katanya di papandayan dingin, mudah mudah an sih di Camp David ada penyewaan sleeping bag. Ya uda ian kita berdoa aja kalau ngada yg sewain kita tidur pelukan aja hehehe ...

Sebelum naik
Cisurupan
Uda terang nih & kita siap menuju Camp David, dari cisurupan sewa mobil bak terbuka bisa sharing sama yg lain satu orangnya 20.000 karena kita ber sembilan jadi satu bak terbuka isinya kita semua. Perjalanan ke Camp David lumayan off road, banyak batu & jalan yg berlubang. Sesampainya di Camp David si Edoy langsung melapor & ngurusin administrasi kita.

Prepare
Pas semobil
Camp David
Foto dulu lha
With our Carriel :D

Untung lha di Camp David ada penyewaan alat alat mountaineering jadi ada sewain sleeping bag juga, harganya murah cuma 10.000/hr. Setelah semua sudah siap kita mulai untuk nanjak, katanya sih perjalanan 2 jam tapi kenyataannya lebih. Mungkin karena kita pemula jadi kebanyakan istirahat & foto foto kali yah.

Baru permulaan
Kawah
Ayo tetap semangat
Di awal nanjak kita langsung ketemu dengan jalan bebatuan & view kawah Papandayan, hari itu itu matahari terik banget bikin nambah panas karena dekat kawah. Baru aja jalan Gw & Dian uda cape, maklum ini perdana untuk kita naik gunung kalau Deli & Muds kan sudah biasa. Deli, Muds, Edoy & sepupunya jalan didepan kita duluan sedangkan gw sama yg lain masih jauh dibawah.

Ada sungai kecil
Deli ngepain pegangin tangan gw
Wonder women
Di perjalanan kita bakal ketemu sungai kecil, lumayan basahan kaki & tangan bikin adem. kita melanjutkan perjalanan, katanya sih uda setengah perjalanan tapi rasanya lama banget nyampe. Pundak gw cape banget gendong tas, ini baru ke papandayan gimana kalau gw ke Semeru & Rinjani yah hhmmm ...

Dian lagi berusaha naik (Foto credit : Dian)
Wefie
Gw & Dian
Setelah melewati pos 2 berarti kita sudah mau sampai di pondok salada, di pos 2 ada yg jualan cilok & sovenir lho jadi kalau mau jajan bisa mampir di poss 2. Gw juga mampi untuk beli cilok lumayan kan buat nambah energy.

Jajan cilok dulu

Sebelum nyampe pondok salada
Cape neng
Setelah perjalanan kurang lebih 3 jam akhirnya kita sampai juga di Pondok Salada, Pondok Salada adalah tempat untuk ngecamp di papandayan. Langsung kita gotong royong mendirikan tenda, Deli & Edoy bawa tenda sendiri sedangkan yg satu lagi kita pinjem.

Welcome
Deli lagi pasang tenda
Tenda kita
Setelah pasang tenda kita langsung bantuin muds untuk masak makan siang kita, si Muds pintar banget masak nga sia sia lha si Edoy milih Istri. Pas kemarin dia masak soup untuk makan malam & tempe goreng pesanan gw. Siangnya kita cukup makan indomie saja yg cepat jadi hehehe ...

Muds lagi masak
Selesai makan karena cape kita langsung tidur siang di luar tenda pake plesit, lumayan semilir semilir anginnya bikin mata ngantuk.

Boci ( bobo ciang )
Si Dian bangun duluan katanya dia mau mandi & keramas karena rambutnya lepek kalau lepek nanti nga kece dia ( peace Ian ). Pengen mandi biar segar tapi airnya dingin banget, nyentuhnya aja kaya air es, btw di papandayan pas kita kesana baru dibangun toilet umum bayar 2.000 jadi kalau mau buang air nga usah repot repot cari semak belukar & kalau mau ambil buat masak & minum juga jadi lebih gampang. Akhirnya Gw & Deli cuma keramas basahin rambut aja karena nga kuat mandi kaya si dian, habis pada mandi kita foto foto.

Habis keramas
Sore di pondok salada
Hari sudah semakin gelap & udara semakin dingin, setelah makan malam pake soup buatan muds kita ngobrol ngobrol sebentar & mata uda mulai ngantuk. Kita pun masuk ke tenda masing masing. Gw, Deli, Dian & Shendy satu tenda.

Dingin euy ...
Dini hari udara semakin dingin padahal kepala, kaki & tangan uda ketutup semua ditambah pake sleeping bag yg gw kancing sampai atas tetep aja dinginnya masuk kedalam. Masih subuh si dian uda bangun aja, dia emang tidurnya paling duluan jadi bangunnya paling duluan. Dia bangunin kita untuk prepare ke tegal alun liat bunga edelweis. Di tenda cowo yg isinya Frid & Deri teriak, katanya tendanya bocor & air rembes masuk ke dalam tenda. Kita pikir semalam hujan tapi kata Edoy itu bukan hujan tapi air embun hahaha gw baru tau ternyata air embun bisa kaya gitu yah. Berarti kalau mau ngecamp ke gunung tendanya harus benar benar nga nembus embun juga biar nga basah & lembab.

Oke waktunya kita jalan ke tegal alun, si Edoy nga ikut naik karena uda pernah. Dia milih untuk tidur lagi di tenda sambil beres beres katanya biar pas pulang gampang. Jadi si muds yg jadi guide kita secara dia uda pernah kesana sebelumnya. Perjalanan lumayan juga 1 jam padahal kalau liat dari bawah kayanya dekat ternyata lumayan. Tapi karena cuma bawa badan aja jadi lumayan ringan lha yah perjalanan. Sebelum ke Tegal Alun kita melewati Hutan Mati, kalau uda melewati tanjakan mamang berarti kita sudah hampir sampai di Tegal Alun.

Trek nya
Hutan mati
Foto by Dery
Tanjakan Mamang
Akhirnya sampai juga di Tegal Alun, padang edelweisnya keren banget jadi pengen langsung foto foto. Sebelum ke Papandayan sebenernya gw ada janji sama dian untuk nemenin dia pake tank top pas di Tegal Alun. Agak konyol sih tapi ngapapa lha buat seru - seru an walaupun agak malu yah di liatin sama orang orang. Mungkin kata mereka ini cewe 2 ko aneh dingin dingin pake tank top, ok Ian gw lakuin ini demi elo hahaha lebay.

Viewnya keren
Katanya dare to be weird (Foto credit : Dian)
Ci .. Luk.. Ba ..
Setelah nemenin si Dian foto antimainstream pake tank top di gunung akhirnya gw buru buru pake kaos lagi sebelum semakin banyak orang yg ngeliat. Dan kita foto - foto dulu di sini sebelum turun lagi ke bawah.
Padang edelweis
Tegal alun
Pagi pagi uda ngelamun
With my travelmate
Foto keluarga
Setelah menikmati tegal alun kita langsung kembali ke Pondok Salada, di perjalanan ke bawah ada tukang nasi uduk. Banyak yg berhenti untuk sarapan di sana & kita pun beli dibungkus untuk sarapan di tenda. Selesai sarapan kita packing & bongkar tenda, kita langsung turun ke camp david tidak lupa sampah bekas kita di bawa turun.

Tukang nasi uduk
Bongkar tenda
Menurun
Perjalanan pulang lebih cepat karena menurun terus tapi lumayan paha pegel banyak nahan. Sampai di Camp David Dian ngembaliin sleeping bag & kita istirahat dulu sambil isi perut sebelum pulang ke Jakarta. Supaya nyampe jakarta nga kemaleman kita pun nga lama di Camp David, langsung cari mobil bak terbuka untuk bawa kita ke Cisurupan. Dari cisurupan kita langsung naik elf ke Terminal Guntur, nyampe Terminal Guntur kira kira jam 3 sore kita langsung naik bis jurusan lebak bulus kecuali si deri naik jurusan bekasi. Nyampe jakarta lumayan cepat karena jalanan lancar, gw turun di pasar rebo & nyambung naik angkot ke stasiun tanjung naik kereta ke stasiun kemayoran. Lumayan trip kali ini bikin kaki & pundak pegal tapi seru jadi nambah teman, cerita, pengalaman & pengetahuan. Next nya gw pengen nyobain Cikuray, kira kira kuat nga yah.
See you next trip yah Girls ....

Thank You Papandayan :)

Popular posts from this blog