Melewati Badai di Ujung Kulon


mendung
Edo, kiki & gw berniat untuk open trip ke pulau peucang ujung kulon di bulan januari akhir 2014. Karena cuaca yg kurang bersahabat & hujan terus, rencana pun di undur menjadi bulan februari dengan permohonan maaf pada semua peserta. Pertimbangan karena takut terjadi apa apa disana & menurut info pemilik kapal disana juga sedang hujan angin. Gw pun mencari info mengenai cuaca ke BMKG & menurut BMKG cuaca & ombak disana memang sedang tidak bersahabat. Ada beberapa peserta yg cancel untuk ikut tapi si show must go on. Dari jakarta menuju pulau peucang kita harus ke sumur dulu, dari jakarta sekitar jam 10 malam. Waktu yg ikut ada deli, agung, iman, amel, manda & rino. 

Sekitar jam 5 pagi kita sampai di daerah sumur, perjalanan lumayan jauh hampir 8 jam. Sebelum nyebrang kita makan dulu di tempat yg telah di sediakan & pagi itu pun daerah sumur hujan. Seharusnya jam 7 kita sudah nyebrang tapi karena hujan kita nunggu hujan reda dulu, sambil nunggu hujan reda gw & kiki belanja logistic untuk makan selama disana karena yg masak adalah ABK kapal. Ternyata hujan belum reda juga, ABK kapal bilang kita harus jalan sekarang kalau tidak hujan bakal semakin besar. Mereka menyarankan kita untuk beli ponco/jas hujan dulu, dari dermaga sumur ke kapal yg akan kita tumpangi itu kita harus naik perahu kecil dulu jadi kita butuh ponco supaya nga kehujanan.


Poncoer

Perjalanan dari sumur ke pulau peucang normalnya 2,5 jam menurut edo yg sudah pernah kesana sebelumnya. Hujan pun terus turun, awan hitam terus menyelimuti perjalanan kita. Ombak & angin pun kencang, di perjalanan gw lihat muka muka yg pucat karena ketakutan. Dan ada salah seorang peserta laki laki yg minta pelampung karena dia ketakutan, katanya buat jaga jaga. Ya dia ada benarnya juga bukan karena dia penakut tapi mungkin untuk antisipasi.

Jujur pada waktu itu gw merasa takut & dalam hati terus berdoa untuk keselamatan kita semua. Gw duduk disebelah kiki & tangan gw megang kencang tangan kiki sampai kiki bilang " gila tangan lo kenceng banget megangnya ". Gw ngomong ke kiki " ki gw takut" & kiki pun sama " iya jul sama gw juga takut, tau gini kita nga jalan yah tanggung jawabnya besar kalau ada apa apa uda lha kita banyak berdoa aja ". Rasanya gw pengen nangis tapi itu nga mungkin karena gw termasuk panitia penyelenggara trip, masa gw nangis yg ada nanti semua peserta ikutan nangis & panik. Gw nga berhenti berdoa dalam hati & cuma bisa berserah sama yg di atas (Tuhan). Seharusnya spot pertama itu kita canoing di handaleum tapi karena cuaca & ombak yg kurang bersahabat kita undur jadi besok pagi. Perjalanan yg seharusnya di tempuh 2,5 jam kita tempuh dalam waktu 4 jam karena kita melawan ombak. Akhirnya kita sampai jumpa di pulau peucang dengan selamat, edo registrasi dulu sebelum masuk homestay.


amel, deli, gw & manda
di belakang foto satwa langka
kamar kita

Sambil nunggu makan siang kita bagi kamar & istirahat sebentar, karena peucang adalah taman nasional jadi banyak babi, rusa & monyet yg berkeliaran. Monyet disini nakal nakal kalau pintu homestay lupa di tutup mereka pasti gerak cepat ngambil makanan kita. Disini banyak monyet yg tangannya buntung buntung, cerita dari pengurus homestay itu karena si monyet ngambil makanan or minuman kaleng terus mereka masukin tangan mereka ke dalam kaleng & pas mau ngeluarin tangan mereka nga bisa karena kejepit di dalam. Tuh kan makanya jangan iseng yah nyet ngambil makanan orang orang tanpa permisi hehehe ...
Pulau Peucang

ada rusa
piglet
Porno nih monkey :D

Setelah makan siang sorenya kita ke cidaon, untung hujannya reda tinggal becek & mendungnya doank. Jarak dari pulau peucang ke cigenter dekat banget cuma nyebrang pake kapal kayu 10 menit. Disini kita mau lihat badak bercula satu, kalau beruntung. Konon mereka itu susah banget ditemuin macam artis (lho). Disini kita cuma bisa lihat banteng itu pun dari jauh karena si banteng takut ngelihat banyak orang yg datang. 
Haiii ...

depan kapal kita
nunjuk apa mang ?
let's get lost
awas neng kesasar :D
cidaon
rino, iman & agung
alone
foto keluarga

Karena cuaca mendung jadi viewnya kurang bagus yah, akhirnya kita kembali ke homestay. Nikmatin homestaynya aja deh untung tempatnya enak jadi kita ngumpul & ngobrol ngobrol di homestay sabil nunggu makan malam. Kamar yg kita pake itu bekas kamarnya soeharto lho, waktu itu dunia lain syuting dikamar yg kita tempati katanya. Entah kenapa suasananya agak spooky yah, apa karena hujan atau perasaan gw doank. Malamnya kita ngumpul & ngobrol ngobrol, ada yg main kartu juga & teman cowo cowo kita lagi duduk di depan kamar sambil curhat. Oke paginya cuaca masih mendung juga, kita mau ke karang copong yg ada dibelakang pulau peucang. Jaraknya lumayan juga trekking hampir 1 jam ke dalam, kita harus masuk kaya hutan gitu di dalamnya. Karena hujan terus di dalam jadi seperti rawa banyak genangan air & kita melewati air yg dalamnya sepaha .


umbrela girls
jalan setapak
anak rimba ala ala
becek
Gelap

Akhirnya sampai juga di karang copong, mungkin kalau cerah tempatnya bagus tapi karena mendung viewnya jadi kurang.
Ayo naik


karang copong
awas jurang
Setelah menikmati karang copong kita langsung kembali ke homestau untuk sarapan & packing karena kita rencana mau canoing di handaleum.


dermaga pulau peucang
Kalau cerah pasti pantainya keren

Dan kita pun siap siap untuk nyebrang, cuaca masih mendung aja. Di perjalanan ke handaleum hujan pun turun & ombak lumayan besar karena kita ngikutin ombak jadi berasa banget guncangannya terombang ambing di lautan. Karena ombak & cuaca yg tidak memungkinkan untuk mapir canoing di handaleum akhirnya kita sepakat untuk langsung pulang ke sumur. Perjalanan pulang tidak beda jauh dengan perjalanan pergi malah lebih berasa karena kita dibawa ombak & ombak pun besar. Aduh rasanya pengen cepat cepat nyampe ke sumur & melihat daratan, para peserta kali ini memilih untuk masuk semua kedalam & langsung duduk sambil tidur.

Mungkin dalam hati mereka juga sedang berdoa, ya kita semua berdoa dalam hati.  Edo pun mulai sedikit takut dia langsung nanya ke ABK ada berapa pelampung yg tersedia di kapal & ternyata tidak sampai dari 20 buah sedangkan kita lebih dari 20 orang. Hadeh ko bisa yah mereka nga memperhatikan hal seperti itu, uda tau belakangan cuaca lagi kurang bersahabat seharusnya mereka prepare lebih untuk pelampung buat jaga jaga kalau terjadi sesuatu. Akhirnya ombak & angin pun sudah tidak sekencang sebelumnya jadi ada perasaa sedikit lebih tenang. Tidak berapa lama sumur sudah mulai kelihatan dari jauh & rasanya itu lega banget & kita siap siap nyebrang pake ponco.


hore sampai juga

Bahagia banget rasanya bisa nginjakin kaki di daratan, biar bagaimanapun gw bersyukur akhirnya kita semua nyampe dengan selamat. Dari perjalanan ke ujung kulon ada sesuatu yg kita dapat setidaknya kita sudah pernah merasakan badai di tengah lautan jadi kita sedikit lebih berani karena pernah merasakan yg lebih ekstrim dari yg biasa kita alami selama. Selain itu juga kita belajar untuk berserah & selalu bersyukur atas semua yg kita alami. Sebagai kompensasi gagal canoing di handaleum gw, edo & kiki berunding untuk membayar semua makan malam mereka. Karena makan malam seharusnya exclude dari biaya trip, Oke perjalanan ke ujung kulon menjadi perjalanan yg memacu adrenalin & tidak terlupakan. Masih penasaran sama handaleum & indahnya pulau peucang di musim kemarau.


Thank You Ujung Kulon :)

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor di Puncak Galau Gunung Kapur Ciampea - Bogor

Cimaja Beach Club, Tempat Nongkrong Asik di Pelabuhan Ratu

Kini Akses Menuju Geopark Ciletuh Lebih Mudah dan Cepat Melalui Jalur Loji