Rasa Kecewa di Trip Dieng Culture Festival

Candi Arjuna

Waktu itu temen gw dhea iseng ngajak gw untuk ikut ngetrip bareng dia & riani lagi, awalnya gw kurang minat tapi dengar cerita dia kalau disana lagi ada acara pemotongan rambut anak gimbal. Karena tertarik dengan acara tahunan di sana & setelah lihat itinerary dari trip nya ada spot ke telaga warna & sikunir juga gw pun langsung semangat untuk ikut. Kita ikut open trip yg ada di web BPI, yg cari trip nya waktu itu dhea. Kenapa nga ikut open trip yang sebelumnya karena trip nya Rany waktu itu kuotanya terbatas dan dhea pun coba trip baru dengan TL (Trip Leader) namanya Icha, gw kurang tau nama tripnya apa secara gw cuma ngikut dhea aja. Waktu itu gw masih jobless juga jadi untuk mengilangkan rasa bosan gw langsung contact TL nya untuk transfer biaya trip nya.
Meeting point di itinerary jam 9 Malam di semanggi, tapi karena ada beberapa orang yg telat jadi kita berangkat dari jakarta jam 11 malam.

Gara-gara beberapa orang kita pun jadi kena imbasnya jam keberangkatan jadi molor 2 jam, rasanya pengen marah - marah sama mereka yg telat arrghhh ...
Agak syok juga dengan kuota yang dibawa trip ini, kalau menurut gw terlalu banyak 1 Bis ukuran besar & 1 mini bus di handle 1 TL & 2 back up nya kalau yg sepenglihatan gw.
Perjalanan ke wonosobo menggunakan jalur pantura dan ternyata gila jalanan macet parah karena banyak jalanan yg lagi diperbaikin. Damn jam 8 pagi kita masih jauh dari wonosobo, dhea bbm sama rani TL dari Rany jouney mereka lewat jalur selatan dan udah mau nyampe wonosobo.

Kecewa dengan TL kita karena kalau gw liat dia nyantai aja duduk di bangku depan sambil sender2an sama pacarnya. Aduh please deh lo kalau jadi TL seharusnya liat situasi & kondisi donk, jangan keadaan begini lo malah pacaran. Masih dalam perjalanan ke Wonosobo yg seharusnya kita nyampe sana jam 8 pagi dengan spot pertama telaga warna, kawah, nonton dieng plateu di teaternya. Dan acara malamnya kita seharusnya ke Candi arjuna bakar jagung sambil dengerin dieng jazz.
Singkat cerita kita nyampe homestay di dieng jam 11 Malam, langsung istirahat karena jam 3 pagi kita harus bangun pagi ngejar sunrise di Sikunir.
Jam 2 lewat gw uda bangun untuk siap - siap trekking & antri ke kamar mandi, setelah jam 3an semua peserta uda kumpul semua. Info dari panitia trip di sikunir crowded banget jadi ngejar sunrise nya di Pakuaja, yawes gw ngikut aja. Treking dari bawah ke atas kira2 1 Jam, sayang dhea & riani nga bisa ikut keatas karena mungkin takut nga kuat. Akhirnya gw berdua sama uli salah satu teman yg satu kamar di homestay, orangnya imut tapi staminanya lumayan kuat.

Akhirnya nyampe atas juga
Sunrisenya masih malu2
Me & Uli
Gunung Sindoro
Smile

Jam 06 pagi kita langsung turun untuk mampir ke telaga warna karena jadwal kemarin banyak spot yg kelewat.

Baru tau sebelah kanan jurang
Trek yg kita lewatin
Kiri kanan sayuran
Halloo ...

Setelah sampai di bawah ternyata sebagian peserta sudah ada yg balik ke homestay & akhirnya ke telaga warna pun Gatot karena ngejar acara pemotongan rambut anak gimbal & sarapan. Dan sebagian peserta masih ada yg belum sampai bawah juga, begini lha kalau trip terlalu over kuota koordinasi nya jadi susah. Gw dan dhea pun nyemil beli jamur & kentang goreng, entah kenapa rasanya tuh enak banget jamur & kentang disini. Salah satu anak dari yg jualannya jamur goreng ada yg berambut gimbal juga namanya Nita, anaknya sedikit nakal & nga mau diam. Konon sebelum anak rambut anak gimbal belum memotong rambutnya mereka akan terus begitu sampai dewasa. Kenapa nita belum di potong juga rambutnya karena dia belum mau di potong, pemotongan rambut anak gimbal di lakukan apabila si anak memintanya & si orang tua harus memenuhi semua ke inginan si anak.
Nita rewel sama bapaknya yg lg jualan
Dan akhirnya semua peserta uda turun semua, kita pun langsung balik ke homestay untuk sarapan karena jam 8 pagi acara akan segera di mulai. Jarak dari homestay ke Candi arjuna tempat acara pemotongannya , dekat cuma jalan kaki 5 menit.

Muka gw pucat

Dieng Culture Festival tahun 2013 lalu, kalau nga salah karena flash back jadi maklum lupa2 inget. Ada 6 orang anak gimbal yg akan di potong rambutnya, salah satunya ada yg dari bekasi juga lho. Kenapa yg dari luar dieng bisa ikutan itu karena sang ayah meminta ijin kepada tetua disana untuk mengikut sertakan anaknya untuk di potong rambutnya karena rambut dari anak perempuannya kusut seperti keturunan rambut anak gimbal & sudah beberapa kali di potong masih sama saja. Kata sang pembawa acara dulu si Ayah menghadiri acara pemotongan rambut anak gimbal ketika si anak masih di dalam kandungan ibunya.

Masih nunggu bocah2 rambut anak gimbal :)
Ini dia mereka
Siap2 mau digunting
Perwakilan Dubes
Dan acara Dieng culture festival 2013 pun selesai, acaranya berjalan dengan lancar. Bukan pejabat daerah saja yg ikut dalam pemotongan rambut anak gimbal tapi dari duta besar negara lain juga ikut berpartisipasi dalam acara ini. Senang lihat antusias mereka & gw jadi semakin bangga jadi orang indonesia yg mempunyai keunikan budaya yg berbeda beda disetiap daerah.
Dan akhirnya kami pun kembali ke jakarta dengan negosiasi pada pihak panitia untuk lewat jalur selatan karena pertimbangan senin mesti harus bekerja. Beberapa dari kami mengharapkan kompensasi dari pihak panitia trip, boro - boro kompensasi ucapan permohonan maaf pun ngada sama sekali. Dari situ gw langsung blacklist Trip dengan TL icha dkk. Maaf kalau gw harus sebut nama karena rasa kecewa & kurangnya koordinasi sesama team yg bikin acara tidak sesuai dengan itinerary.
Oke next gw harus balik lagi ke Dieng untuk menikmati alamnya terutama telaga warna.

Thank You Dieng :)

Popular posts from this blog