Etnic Runaway Baduy

Perkampungan baduy luar

Sudah lama gw pengen ke Baduy, melihat langsung kehidupan orang baduy secara langsung. Rasa penasaran karena ke unikan mereka yg menolak teknologi masuk ke dalam kehidupan mereka sehari hari di tengah kemajuan jaman akan teknologi yg semakin pesat. Rasa salut kepada suku baduy yg sering kita temui di jakarta mereka berjalan kaki tanpa alas kaki dari tempat asal mereka ke kota hanya untuk menjual madu atau gelang. Mereka menolak & pantang untuk naik kendaraan apapun, hebat bukan.

Karena rasa penasaran & kagum gw kepada mereka membuat gw ingin mengunjungi baduy. Di bulan desember tahun 2013 iseng buka Web BPI kebetulan ada open trip ke baduy luar & baduy dalam dari Trip si Hijau dengan TL Teguh, kalau nga salah waktu itu harga untuk open trip ke sana Rp. 150.000,-. Gw langsung excited dan Iseng nanya si agus partner kerja yg gw kenal waktu trip ke gunung padang, dia langsung mau & ok. Lalu gw ajak riris teman kantor gw yg suka ngetrip juga & dia pun mau. Yes akhirnya gw punya teman untuk pergi kesana, gw pun langsung bbm kiki tentang niat gw ke baduy di awal januari 2014. Masih ada seat nga jul? tanya kiki, masih ki kayanya. Kalau masih gw mau ajak teman gw, oke ki nanti gw tanyain TL nya. Dan kiki pun ngajak 2 orang temannya dan ternyata yg ikut itu si finsya berondong yg kemarin ikut nge camp di semak daun.

Waktu itu kita ke baduy 2 minggu setelah nge camp di semak daun & ternyata si dian juga mau ke baduy di tanggal yg sama, dia cerita di kapal tongkang waktu perjalanan pulang dari pulau harapan ke muara angke. Tapi kita beda vendor travel, kita uda booking waktu kita belum saling kenal & setelah dari semak daun dian ngajak deli juga. Semua peserta harus membawa 1 gelas beras, 2 buah mie goreng & 1 gelas kacang hijau sebagai logistic untuk makan kita selama di sana. Ok meeting point jam 7 pagi di stasiun Tanah abang & kita langsung janjian di TKP. Pas di stasiun tanah abang si finsya langsung ngenalin temannya yg ikut ke baduy juga, namanya irfan djani atau alel (nama panggilannya) dia teman si finsya waktu part time jadi dancer di dufan. Si alel orangnya kocak, baru aja ketemu uda langsung akrab & bikin orang pada ngakak. Sepanjang perjalanan di kereta dari tanah abang sampai rangkas bitung, ada aja ulahnya yg bikin kita ketawa. Perjalanan dari St. Tanah Abang - St. Rangkasbitung kira kira 2 jam. Dari rangkas bitung kita naik elf lagi 2 jam ke ciboleger.

St. Tanah Abang
dikreta (foto credit : dian)

Artis Rel Kereta
with Asda
Di stasiun rangkasbitung gw pisah dari trip nya dian 7 deli, kita ketemu di ciboleger yah girls. Di tengah perjalanan menuju ciboleger hujan untung pas kita sampai ciboleger hujannya reda. Di ciboleger kita istirahat untuk makan siang sebelum treking ke baduy luar & baduy dalam karena estimasi perjalanan ke dalam itu 4 jam & kita mulai jalan kira kira dari jam 2 siang. Di ciboleger gw ketemu asda si anak baduy dalam yg kaki nya kuat jalan selama ber jam jam, coba ponakan gw yg disuruh jalan pasti uda nangis minta di gendong.

Diciboleger juga banyak anak anak yg berjualan tongkat kayu atau semacam trekking pole, ini membantu banget lho jadi gw saranin lo pake trekking pole dari kayu ini. Beberapa orang memakai jasa orang baduy dalam sebagai potter karena mungkin takut nga kuat, kalau gw bawa tas sendiri aja. Perjalanan pun di mulai dari ciboleger kita masuk ke perkampungan baduy luar, melewati jembatan & sungai. Uda macam lagunya ninja hatori, mandaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudera hehehe ...
Selamat datang
ada sungai

Baduy luar
Toilet baduy luar
Gadis baduy luar

Belum ada setengah perjalanan kita uda kecapean aja, trip gw jalan lebih dulu dari trip nya dian tapi pas di dalam kita ketemu sama dian & deli jadi lha kita foto foto dulu. Trek nya lumayan yah bikin pengen nangis, dari yg landai, lewatin sungai kecil, terus lewatin jembatan & tiba tiba harus nanjak. Si dian sih enak tas nya di bawain potter tapi tetep sih nga bawa tas juga cape nya minta ampun. Di perjalanan stok air kita abis, ketemu mata air langsung deh di refill. Enaknya lagi cape & haus gini minum yg dingin dingin, ehh kebetulan pas di atas ada tukang jualan minuman donk yg dipanggul dari bawah yaudah kita langsung beli pocari sweat untuk nambah tenaga juga (iklan banget yah).

Ketemu dian & deli (foto credit : dian)

Charlie angels
riris, agus & gw

me & alel
hai kita uda disini
Jembatan kayu

Alel uda ngeluh aja karena kecapean, dia manggil nama gw dengan panggilan Jupe. " Pe kita kapan nyampe sih, ko nga nyampe nyampe ". Muka dia yg kecapean malah bikin kita jadi pengen ketawa. Mana cuaca galau banget waktu itu, hujan gerimis jadi bikin perjalanan sedikit terhambat karena jalanan jadi licin.
Si asep yg kuat
Tetap semangat
My partner
Ayo cepet lel
Si riris & si Agus uda jalan di depan karena kita banyak istirahatnya, kita jadi berpencar disitu si riris ketemu teman baru namanya dika, dina & ais. Gw jalan dibelakang ber empat sama kiki, finsya & alel. Ada spot yg hijau hijau berhenti foto foto dulu sekalian duduk bentar untuk ngambil napas. Selama perjalanan kita di temani oleh si asep anak ABG baduy yg bawain beberapa tas peserta termasuk tas nya si alel, salut sama si asep yg kuat manggul tas pake tongkat di depan & belakang. Dengan trek yg luar biasa & jalanan yg licin karena hujan + tanpa alas kaki.

Foto dulu lha
Trek nya

Setelah melewati jembatan perbatasan antara baduy luar dan baduy luar kita pun semua mulai mematikan gadget, welcome to baduy dalam NO HP & NO CAMERA. Jadi kita harus mentaati semua ketentuan yg berada di baduy dalam, susah deh untuk kita mendokumentasikan baduy dalam. Baduy luar & baduy dalam sangat berbeda, kalau di baduy luar dari pakaian saja mereka sudah sedikit modern seperti kita. Masih bisa menggunakan HP & mereka sudah memakai sabun, shampo & detergen. Sedangkan di baduy dalam dari baju saja mereka harus memakai yg berwarna hitam atau putih, HP, gadget atau barang barang elektronik tidak di perkenankan untuk di pakai di sini bahkan perlengkapan mandi & mencuci pun tidak boleh di pergunakan di sini. Karena menurut mereka itu akan merusak alam mereka, bagus juga sih pemikirannya jadi sungai mereka nga tercemar.

Jam 18.30 kita sampai di baduy dalam & TL mulai membagi tempat kita untuk bermalam, kita tidur di rumah penduduk baduy dalam. Gw & riris kebetulan dapat rumah nya si asep jadi enak uda kenal, sebelum makan malam kita mandi duli. Tempat mandi cewe & cowo di pisah, kebayang donk kita mandi gelap gelap an di sungai yg ngada penutupnya. Gw sih nikmatin banget biarpun ngada penutupnya gw tetap mandi & buka baju, rasanya seger banget biarpun sedikit aneh mandi nga gosok gigi, pake sabun & shampo. Beberapa orang heran kali yah ngeliat gw yg berani mandi benar benar bugil soalnya mereka pada pake samping & ada juga yg cuma cuci muka, ya mungkin mereka takut keliatan sama cowo cowo kali yah. Gw sih liatnya aman nga keliatan karena gelap uda malem juga. Selesai mandi kita makan malam pake mie goreng yg kita bawa, setelah makan malam kita ngumpul untuk mendengarkan sedikit penjelasan tentang baduy dalam dari Puun (sebutan untuk ketua adat) & tanya jawab sekitar baduy. Dari sini gw tahu kalau rumah disini bangunannya/kayu mengikuti bentuk tanah jadi mereka nga boleh menggali tanah supaya rata katanya takut merusak . Dan orang baduy itu menikah sesama orang baduy juga dengan cara di jodohkan, jadi bisa dibilang mereka semua menikah masih saudaraan semua. Kebayang nga sih kalau kita kaya mereka yg di jodohin oh no gw kayanya bisa kabur.

Paginya kita bangun & sarapan pake bubur kacang hijau yg kita bawa, sebagian ada yg packing & mandi. Paginya kita mandi di air pancuran dari mata air yg ditampung pake kayu yg dibentuk seperti bak mandi & gayungnya pun pake batok kelapa. Airnya dingin & seger banget, kenapa malam kita nga kesini karena tempatnya yg lumayan jauh & gelap juga. Setelah semua selesai kita pun siap siap untuk kembali ke jakarta. Pas pulang cuaca mendung & gerimis, gw akhirnya sewa jasa si asep untuk bawain tas gw soalnya nga kuat karena kecapean. kita mampir dulu ke jembatan akar untuk foto foto sebelum keluar dari daerah baduy.

Lelah :p
muka cape
istirahat dulu
here we are
4 sekawan
me & riris
Jembatan akar
foto keluarga baduy dalam
Setelah selesai foto foto di jembatan akar kita pun langsung jalan lagi untuk keluar daerah baduy, di sana mobil elf kita uda datang untuk menjemput. Kita pun makan siang dulu untuk isi perut, makan siang kali ini uda include dari trip. Sekalian gw numpang mandi di rumah tempat basecamp kita soalnya kaki belok tanah merah gara gara hujan. Setelah semua peserta sudah berkumpul & makan siang kita lanjut ke stasiun rangkasbitung untuk lanjut ke st. tanah abang. Kita pun nga lupa untuk berpamitan & berterima kasih sama mereka terutama asep yg uda bawain tas gw, untuk jasa potter mereka nga menentukan tarif kita bayar seiklasnya.

Sedih juga berpisah sama mereka, ada beberapa dari mereka yg minta alamat kita & si alel ngasih alamat rumahya. Luar biasa banget capenya, masih kagum aja sama orang baduy dalam yg hidup di tengah tengah hutan tanpa elektronik & bahan kimia. Mungkin kalau kita uda nga betah yah hidup seperti mereka yg sangat sederhana banget. Dari trip baduy akhirnya gw jadi berteman dengan alel sampai saat ini & sudah beberapa kali ngetrip bareng. Terimakasih baduy dalam yg sudah memberikan pelajaran untuk gw gimana caranya untuk hidup sederhana, sampai ketemu di jakarta orang orang baduy.

Note : biarpun mereka tidak bisa baca tapi kalau kita kasih alamat rumah kita, mereka akan datang & cari tahu lho. Terbukti nga lama setelah itu mereka berkunjung & menginap di rumah alel :D

Thank You Baduy :)

Popular posts from this blog