Ngebolang ke Jogja with My Travelmate


Jogjakarta kota yg nga pernah bosan untuk di kunjungi, masih banyak tempat yg pengen gw kunjungi di Jogja jadi gw niat tahun 2014 harus balik lagi ke Jogja. Awalnya gw cuma pergi berdua sama Deli karena pas ngajak yg lain katanya nga pada bisa, yaudah 3 bulan sebelumnya gw beli PP kereta api kelas ekonomi online karena untuk tiket kereta ekonomi di hari jumat malam ke jogja cepat banget habis. Tiket sudah di tangan kita jalan jumat malam & pulang senin sore jadi cuti cuma 1 hari. Nah pas lagi nongkrong Deli bilang, " Jul nanti kita di jogja nginap di Novotel pake staff rate gw ", oke Del gw ngikut aja. Ehh tiba tiba si Agung nyaut, " eh gw ikutan donk, gw kan belum pernah ke Jogja. Jul bookingin tiket gw donk ". Lha waktu itu lo gw ajak nga mau, " engga gw ikut kalian ke Jogja " jawab si Agung. Terus Si Agung nanya ke si Iman, " lo mo ikutan nga Man ? terus iman jawab, ya udah gw ikutan deh ". Ya udah akhirnya gw langsung cari & bookingin tiket mereka, karena kereta hari jumat malam habis jadi mereka naik kereta yg siang jam 11 & Iman jadi ngambil cuti di hari jumat juga. Tiket kereta ekonomi murah banget cuma Rp. 50.000,- sekali jalan jadi PP cuma Rp. 100.000,- saja. Si finsya tetap nga bisa ikuta katanya di bulan oktober dia lagi banyak pengeluaran, ya udah ca next time lagi aja.

Itinerary di Jogja uda gw bikin karena kita cuma sebentar jadi kita nga main air & susur pantai selatan. Untuk hotel yg ngurus Deli karena kita nginap 2 hari di Novotel & 1 hari di Edus Hostel. Selama di Jogja kita sewa 2 motor, Deli ngasih info contact rental motor yg dia dapat dari browsing juga terus kasih ke gw untuk di telfon & booking. Sewa motornya lumayan murah hanya Rp. 50.000,-/hari, untuk sewa motor bisa hubungi di No HP 082134123991. Lagi lagi kita ngebolang pas lagi tanggal tua, kebetulan pas mau pergi Boss sourching yg sering gw bantuin untuk perjalanan dinasnya ngasih gw uang saku. Katanya " buat uang jajan kamu di sana jul ", aduh seneng banget deh gw emang yah selalu ada jalan untuk orang yg suka jalan jalan. Jumat siang si Agung & Iman udah jalan duluan, Gw & Deli naik kereta yg jam 11 malam, pulang kerja gw langsung siap siap. Janjian sama deli di stasiun kemayoran, dari stasiun kemayoran kita naik ojeg ke stasiun senin.


Nunggu kereta (Foto credit : Deli)
St. Pasar Senen (Foto credit : Deli)

Kereta kita berangkat jam 22.30 naik kereta progo tujuan stasiun lempuyangan, 1 jam sebelumnya kita sudah sampai di stasiun karena harus nge print tiket dulu. Akhirya kereta kita pun datang, isinya 
penuh dengan bapa bapa yg kerja di jakarta terus setiap weekend mereka pulang ke jogja ketemu keluarga. Nga berapa lama kereta jalan, kita baru berangkat dari jakarta di Jogja si Agung & Iman udah sampai. Setengah jam kereta jalan posisi tempat duduk sudah berubah, para penumpang yg kebanyakan bapa bapa pada bawa koran & gelar koran tidur di lorong atau di bawah kursi. Untungnya bapa sebelah gw tidur di bawah jadi gw bisa tidur & Deli kasian nga dapat tempat duduk kosong di sebelahnya jadi dia tidurnya sambil duduk, maap yah Del bukannya nga cinta hehehe ...
 
Buff (Foto credit : Deli)
Masih mainin HP (Foto credit : Deli)
5 Menit kemudian tertidur (Foto credit : Deli)
Pada tidur dilorong (Foto credit : Deli)

Sebentar lagi uda mau sampai Jogja, gw langsung hubungi Agung & Iman untuk jemput kita di stasiun lempuyangan. Di kereta kita ngobrol ngobrol sama bapa bapa yg ada di dekat kita, mereka cerita bagaimana mereka setiap weekend harus pulang ke Jogja & mereka sudah melakukan itu selama bertahun tahun. Dan mereka cerita kalau mereka harus beli tiket jauh jauh hari jadi mereka sudah punya segepok tiket untuk 3 bulan ke depan. Ohh pantes saja kata gw tiket kereta cepat habis jadi bapa bapa ini toh yg nge borong & mereka pun tertawa. Nga kerasa ngobrol sama mereka kita akhirya sampai di stasiun lempuyangan Jogja, si Agung & Iman dari jauh uda manggil manggil kita. Sebelum ke hotel kita mampir untuk sarapan dulu & mampir sebentar ke Malioboro sekedar untuk foto maklum teman kita Agung baru ke jogja ( peace Gung ).


St. Lempuyangan
Sarapan dulu
Jl. Malioboro

Sarapan sudah, mampir foto di Malioboro juga sudah, kita langsung balik ke hotel untuk istirahat sebentar & mandi sebelum jalan ke tempat yg kita tuju. Sebenernya kita liburan maunya ala backpacker tapi karena Deli kerja di salah satu hotel grup accord & dia kalau nginap bisa pake staff rate jadi kita nginapnya ala koper jadi semi backpacker lha yah.


Novotel Jogja
Ada Inem cowo >.<
Bukan tukang pijit


Sebelum ke Jogja kita janjian pas hari pertama dress code nya pakai kaos warna putih, agak alay sih tapi ngapapa lha yah. Pokoknya sebelum kita jalan gw ngingetin, budget kita ke Jogja Rp. 500.000,- yah di luar ole ole kalau bisa jangan lebih karena kita lagi pada tanggal tua semua. Sebelum pergi kita patungan seorang Rp. 20.000,- untuk bensin selama di sana, bensin sih sudah penuh di isi sama rentalnya tapi kita tetap isi lagi sampai full. Jadwal kita hari ini adalah makan siang di Raminten sebelum ke Candi Prambanan & Candi Boko.

Gw penasaran banget sama nih restoran yg selalu antri & waiting list. Oke kita langsung pergi karena sudah waktunya makan siang juga, karena kita nga tau jalan di Jogja jadi selama di sana kita di bantu sama aplikasi Waze di HP nya Deli. Dan benar saja kita harus antri, untung antrinya nga lama. Restorannya unik yah, seragam pegawainya pakai baju tradisional gitu & pegawai cowonya ganteng ganteng. Menu makananya juga namanya lucu lucu & harganya nga terlalu mahal, yah 1 orang untuk makan & minum kurang lebih Rp. 50.000,- tergantung makan nya juga sih.

Waiting list Raminten
Lunch

Selesai makan kita langsung ke Candi Prambanan, perjalanan ke sana kurang dari 1 jam. Di pintu masuk kita langsung beli tiket terusan ke Candi Boko biar nga ke habisan tiket, harga tiket masuk terusan Rp. 37.000,-. Sebenarnya di sini disediakan bis untuk yg beli tiket terusan untuk ke Candi Boko tapi karena kita bawa motor jadi kita pergi sendiri saja nga ikut bis nya. Oke baik lha waktunya kita menikmati ke indahan Candi Prambanan.


Welcome
Yeayy ...
Travelmate (Foto credit : Agung)
Prambanan (Foto credit : Agung)
Tukang jalan
Yuks ...
ABG tuir
Weww ...
Fotoin Bule (Foto credit : Firman)

Lumayan cape juga keliling Candi Prambanan, kita istirahat sebentar sambil beli minuman dingin. Uda jam 4 sore kita lanjut ke Candi Boko untuk kejar sunset, eh pas mo keluar ada pohon & Gw naik ke atas untuk foto sebentar hehehe ...


Naik pohon dulu :D

Dari Candi Prambanan ke Candi Boko jaraknya lumayan dekat kurang lebih 15 menit. Seru banget kita kemana mana pakai motor, gw dibonceng Iman & Deli di bonceng Agung. Sepanjang perjalanan pemandangannya lumayan bagus, masih banyak yg masih hijau hijau.


Ojeg gw
Bukan geng motor
Keraton Ratu Boko

Sampai di lokasi Candi Boko kita langsung naik ke atas untuk nunggu sunset. Waktu itu lumayan rame kebetulan lagi ada pemotretan juga jadi kita nga bebas untuk foto foto nya.
Sampai sini juga
Ada pemotretan (Foto credit : Agung)
Foto gw kejauhan :(
Rebahan dulu :D
Muka cape


Bukan penari
Itu bukan pacar gw

Senja di Candi Boko (Foto credit : Agung)

Candi Boko emang keren banget kalau pas Sunset, akhirnya rasa penasaran gw untuk sunset di Candi Boko terbayar sudah. Selesai menikmati Sunset di Candi Boko kita langsung kembali ke Hotel. Malam ini kita nga kemana mana karena sudah cape seharian jadi kita di Hotel saja berenang.


Lets get wet
Berenang malam malam
Underwater :D

Segar juga habis berenang malam, naga di dalam perut kita juga udah meronta ronta minta di isi. Selesai mandi kita makan pecel lele depan hotel aja karena udah cape malas keluar cari makan naik motor. Kita langsung tidur karena sudah pada kecapean & besok harus check out pindah hotel. Minggu pagi di kota Jogja, sebelum check out kita sarapan dulu.
Morning :)


senyum di pagi hari :)
B'Fast

Selesai check out dari Novotel kita menuju Edus Hostel, lokasinya tidak jauh dari Malioboro. Hotelnya bisa untuk sharing dengan tamu yg lain cocok untuk backpacker, jadi yg cowo & cewe di pisah kamarnya untuk yg sharing kamar. Karena Agung & Iman pengen bareng bareng lagi sekamar jadi kita upgrade kamarnya yg untuk ber empat jadi sekamar isinya kita semua, harganya per orang Rp. 135.000,-/orang. Karena jam check in jam 12 siang & kita datang ke pagian akhirnya kita nitip tas kita & kita lanjut ke tujuan selanjutnya yaitu Kalibiru.


Edus Hostel Jogja (Foto credit : Deli)


Ruang untuk kumpul
Foto disini dulu

Selesai menitipkan tas kita langsung menuju Kalibiru di daerah Wates Kulon Progo. Perjalanannya lumayan jauh hampir 2 jam dari jogja. Jalanan menuju sana juga lumayan banyak nanjak, sebelum ke kawasan wisata kalibiru kita akan ketemu sama dengan waduk sermo. Kita tetap melanjutkan perjalanan foto fotonya pas pulang aja di sini. Nyampe juga di tempat wisata Kali Biru, kita harus membayar tiket masuk  Rp. 2.000,-/orang.

Bukan iklan Helm
Berhenti dulu
Welcome
Ayo naik

Kita langsung ke tempat dimana orang orang suka foto diatas pohon yg dibikin ada kayu untuk duduk, yg lagi ngehits di Jogja. Untuk foto di atas kita harus membayar Rp. 10.000,-/orang & pas kita kesana itu antri banget. Akhirnya mau nga mau kita nunggu di warung sambil makan siang dengan indomie & selesai makan kita foto disekitar lokasi. Disini juga ada flying fox nya, habis flying fox bisa langsung foto di pohon itu karena finish flying fox nya di situ. That's why jadi lama juga karena keselak sama yg flying fox juga. Uda 1 jam kita nunggu akhirnya tiba lha giliran kita.


Kalibiru (Foto credit : Agung)
Kalibiru
Kata Iman tempatnya Oke ...
Kalibiru
Thanks God i'm here
Partner in crime

Sayang pas giliran kita uda sore & awannya sedikit mendung jadi hasil fotonya kurang maksimal. Jalan di sini masih banyak hutan & sepi jadi kita menghindari magrib di sini & buru buru cabut ke wadok sermo untuk mampir sebentar.


Waduk Sermo
Numpang lewat
Menjelang sunset

Di Waduk Sermo lumayan rame juga, banyak ABG di situ yg lagi pada pacaran hehehe ...
Oke kita langsung kembali ke hotel, di jalan si Agung sempat ngantuk & tukeran bawa motor sama si Deli. 

Bukan cabe cabe an :D


Sampai juga di Edus hostel, kita langsung masuk ke kamar istirahat sebentar. Di sini kamar nya unik tempatnya nyaman & lumayan bagus. Gw & deli pilih tempat tidur di bawah, yg cowo tempat tidurnya di atas.


Tempat tidurnya
Romantis yah
Anak hilang

Kita pun ngantri mandi karena kita mau nonkrong di Angkringan Kopi Joss & ke alun alun Jogja.
Angkringan

Dari angkringan jogja kita makan malam di pinggir jalan Malioboro, mo cari tempat makan yg nge hits di Jogja uda males karena kecapean jadi cari yg dekat dekat saja. Selesai makan  kita langsung ke alun alun Jogja karena si Agung pengen banget ke sini. Gw uda ngantuk banget & cuma duduk sama si iman. Agung & Deli ke pohon beringin main tutup mata kaya orang orang yg suka lakuin, gw kasih slayer gw ke Agung untuk tutup matanya. Di sini gw & Agung marahan, gara gara gw becanda bilang " Kata temen gw yg orang Jogja, orang yg ke sini main tutup mata ke pohon beringin cuma orang jakarta yg norak ". Terus si Agung ngambek, " Emang gw norak, kenapa ? ". Idih tuh orang jadi marah, terus kita balik ke Hotel. Gw nanya si Iman. " Man si Agung marah yah sama gw, gw kan cuma becanda ", Iman cuma bilang nga tau gw juga. Sampai di parkiran hotel si Agung ke warung mo beli minumuan terus bilang ke gw " Lo kan katanya ngantuk gih tidur sana ". Ya udah gw juga langsung bete & buru buru masuk kamar hotel & tidur bye ...
 
Besok paginya gw agak males gara gara si Agung yg tiba tiba bentak gw pas malam, padahal gw paling nga suka kalau di bentak. Akhirnya dia nge baik baik in gw, ngebangunin gw. " Jul ayo cepetan bangun katanya mau ke taman sari dulu ". Ya udah lha akhirnya gw nga mau bete lama lama ntar jadi ngerusak suasana. Akhirnya kita pada mandi, packing juga & sarapan. Karena setelah dari Taman sari & belanja ole ole kita langsung balik ke hotel untuk chack out.


Baru baikan
Udah pada cantik :p
Packing
Sarapa dulu

Nga pake lama kita langsung cuz ke Taman sari, akhirnya gw bisa juga ke sini. Pas ikut trip ke jogja sama rani nga sempat mampir ke sana. Senangnya hati ku hehehe ....
HTM ke Taman sari Rp. 5.000,-/orang, karena kita pengin tahu sedikit tentang sejarah taman sari jadi kita pakai guide & bayar seiklasnya.


Pintu masuk
Yuk kita masuk
Kolam tempat mandi para putri / selir
Sauna jaman dulu
Nga tau lagi liat apaan
View dalam taman sari


Denger cerita dari pemandu nya, jaman dulu di taman sari keren kali yah banyak selir selir yg mandi. Terus ada kolam khusus untuk selir yg di pilih raja untuk nemenin mandi, jadi pengin mundur ke lorong waktu & lihat ke jadian jaman dulu hehehe mimpi kali yah. Oke kita masih explore Taman Sari, menuju mesjid bawah tanah. Untuk menuju ke sini kita melewati rumah penduduk yg masih turunan ningrat gitu. Ada yg jual lukisan & kaos yg di lukis gitu, keren sih kaosnya pengen beli tap lagi tongpes euy.

Lukisan Nyi Roro Kidul
Jual Lukisan
Distro di rumah
Keren nih kaos nya

Lewat dari rumah penduduk kita langsung masuk ke lorong bawah tanah, tempatnya bagus untuk foto foto. Kita langsng deh foto foto di sini, mayan ngantri nunggu antrian sama pengunjung lain untuk foto di spot yg kita mau.

Jalan


Bawah tanah
Ada tangga
Nice place
My Buddy
Foto dulu ahh

Selesai sudah explore Taman sari, kita istirahat sebentar di depan pintu masuk taman sari sambil minum es jamu. Seger banget, di jakarta jamu biasanya di gendong & nga pake es ternyata di pakein es batu juga enak. Oke kita lanjut beli ole ole di Mirotah Batik nga jauh lha dari taman sari. Seperti biasa gw beli gelang & kalung untuk nambah koleksi, sama beli 1 batik juga soalnya jujur gw nga punya batik. Deli beliin daster untuk nyokapnya & Agung beli topi untuk Finsya. Selesai dari Mirotah Batik kita mampir sebentar beli Bakpia, temannya Agung ada yg nitip. Selesai beli ole ole kita langsung kembali ke hotel untuk check out.


with our carriel
Nungguin Deli
Foto dulu sebelum check out

Selesai deli menyelesaikan pembayaran hotel kita langsung makan siang di depan hotel karena takut nga keburu makan dekat stasiun. Uang patungan bensin masih ada sisa Rp. 20.000,- ya udah kita sumbangin teman yg membutuhkan untuk nambahin makan siang wkwkwkwk ...
Kita langsung jalan ke stasiun lempuyangan, janjian sama Mas rental motor untuk ngambil motor & KTP. 
Sayonara
Akhirnya kereta kita pun datang & kita langsung masuk cari tempat duduk kita. Pas pulang kereta nga begitu ramai karena mungkin hari senin.

Us (Foto credit : Deli)
Udah pada cape (Foto credit : Deli)

Kita sampai jakarta kira kira jam 11 malam an & sampai di Jakarta kita mampir makan sebentar. Akhirmya trip ke Jogja dengan teman teman berakhir sudah, udah nga penasaran sama Candi Prambanan, Candi Boko & Taman sari. Jogjakarta memang kaya dengan warisan peninggalan nenek moyang, jadi nambah pengetahuan tentang sejarah indonesia maklum dulu pas pelajaran sejarah suka nga merhatiin guru. Next nya gw pengen balik lagi ke Jogja untuk explore pantai selatannya yg katanya keren. Terima kasih teman teman untuk perjalanan & ceritanya, semakin banyak cerita & tempat yg menarik yg sudah kita lewatin bersama yah. See you next trip.


Thank You Jogja :)

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Horor di Puncak Galau Gunung Kapur Ciampea - Bogor

Cimaja Beach Club, Tempat Nongkrong Asik di Pelabuhan Ratu

Kini Akses Menuju Geopark Ciletuh Lebih Mudah dan Cepat Melalui Jalur Loji