Pulau Kenawa, Appetizer Perjalanan Menuju Flores ( LOB )

Foto Credit : David Pungkas

Lombok adalah tempat kami memulai sailing atau live on board ( LOB ) menuju ke pulau Komodo dan akan berakhir di Labuan Bajo. Selama 4 hari 3 malam saya dan ke 22 orang lainnya akan hidup bersama di sebuah kapal dengan kapasitas 30 orang. Sailing di Kepulauan Komodo adalah salah satu bucket list saya dari tahun 2013 dan baru tahun ini saya bisa merealisasikannya.

Saya pun mencoba untuk membuka ajakan sharing cost kepada teman - teman dan sharing di salah satu website backpacker indonesia. Dan akhirnya terkumpul lah 23 peserta termasuk saya sendiri, 23 orang dari kami ada yang saling kenal dan ada juga yang baru pertama kali bertemu. Ada yang dari Jogjakarta, Jambi, Manado, Surabaya bahkan dari Malasia. Disini lah keuntungan dari traveling saya bisa mendapatkan teman baru lagi.

Welcome to Kenawa
Appetizer

Minggu tanggal 1 Mei 2016 adalah awal perjalanan kami dari Pelabuhan Kayangan Lombok. Di hari pertama kami hanya mengunjungi satu spot saja yaitu ke pulau Kenawa. Perjalanan dari pelabuhan Kayangan Lombok kurang lebih 1 jam. Kenawa adalah Pulau kecil di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Meskipun pulau ini kecil namun Kenawa memiliki view yang sangat indah, hamparan rumput hijau dan bukit kecil ditengah pulau menambah keindahan pulau ini. Kenawa seperti appetizer dalam perjalanan sedangkan main course nya akan kami temukan di Flores nanti. Pulau Kenawa tidak berpenduduk namun disini banyak warung - warung kecil yang menjual minuman dingin sambil beristirahat dan menikmati angin laut.

Behind the scene
Foto credit : Finsya

Pak Abdul yang menjadi guide kami di kapal memberikan kami waktu untuk mengeksplore pulau ini sampai matahari terbenam. Kami pun langsung mengelilingi pulau ini sambil hunting foto. Pak abdul menyaran untuk kami mulai ke atas puncak bukit ketika hari sudah mulai sore karena matahari sudah tidak terlalu terik.

Here we are ( Foto Credit : David Pungkas )
Foto Credit : David Pungkas
Kami pun mulai naik menuju bukit untuk hunting sunset, jalan ke atas bukit lumayan curam dan licin karena banyak batu kerikil jadi harus ber hati - hati. Pak Abdul bilang kalau ini adalah pemanasan untuk ke Gili Lawa, kalau kita lulus di trek ini maka di Gili Lawa kita akan berhasil.

Nampaknya kali ini kami tidak mendapatkan sunset yang sempurna karena awan yang menutupi matahari. Walau demikian kami merasa puas menghabiskan sore di Pulau yang cantik ini. Kami pun kembali ke Kapal karena dari Kenawa kami akan sailing menuju pulau Moyo dan Danau Satonda.

Popular posts from this blog