Pura Parahyangan, Bali kecil di Kota Bogor

Pura Parahyangan
Sudah  lama gw pernah dengar ada Pura di daerah Bogor, kata teman teman sih namanya kampung Bali & nama Pura nya adalah Pura Parahyangan. Nga nyangka kan kalau di Bogor ada sebuah Pura yg selalu di pakai sembahyang umatnya dari berbagai kota. Lihat dari postingan beberapa teman yg ke sana jadi menambah rasa keingin tahuan gw & teman teman untuk kesana juga. Waktu telah di tentukan kita akan ke Bogor pas bertepatan dengan ulang tahun salah seorang teman kita Finsya tanggal 21 Desember. Gw nanya sama teman yg orang Bogor & kebetulan TL pas ke Baduy bagaimana cara menuju kesana & ada spot apalagi selain Pura. Sebenernya ada beberapa peninggalan sejarah di dekat situ & ada curug juga tapi kali ini kita lagi nga mau main air karena musim hujan juga. Oke dari info Si Teguh sang TL & browsing dari internet kita pun akan mengunjungi Kampung wisata Sindang Barang.

Awalnya kita pergi kesana dengan naik kereta ke bogor & di bogor naik angkutan umum. Tapi malam sebelum kita pergi Deli info di grup kalau temannya mau mengantar kita kesana dengan mobilnya & temannya sudah tau daerah sana. Jadi kita di suruh untuk naik kereta api turun di stasiun Rawa Buntu karena katanya dari sana tidak begitu jauh ke lokasi & menghindari macet. Ok gw ngikut suara terbanyak saja walaupun agak sedikit mengganjal dengan info yg di berikan kita lewat leuwi liang. Malamnya gw nginap di Bekasi rumah kakak gw karena paginya harus bareng sama Anisa ke Rawa Buntu ceritanya kita mau ngasih kejutan sama Finsya kalau ternyata ada Anisa pacarnya yg ikut. Padahal si Finsya uda ngajak Anisa ke Bogor tapi pura pura nga bisa karena harus lembur, kita bikin skenario untuk itu.

Minggu pagi gw sama Anisa janjian menuju stasiun Tanah Abang untuk nyambung ke ke Rawa Buntu, ada mis komunikasi dari gw. Gw suruh Anisa beli tiket ke Rawa Buaya padahal tujuan kita ke Rawa Buntu, maklum gw keinget sama rumah dari kakak mantan gw hehehe akhirnya Anisa menukarkan tiketnya. Sekitar jam 9 kita sampai di stasiun Rawa Buntu sudah ada Agung & Iman sampai duluan, Deli & temannya Oop sudah standbye di atas. Terakhir tinggal si Finsya yg belum sampai, kita nunggu kedatangan dia karena sudah ada Anisa yg Ngumpet dalam mobil. Akhirnya Finsya datang & Anisa keluar mobil sambil bawa Cake yg sudah di beli.

Kejutan
Happy B'day Finsya
Oke setelah memberi kejutan untuk finsya kita langsung melanjutkan perjalanan. Jalan yg di lewatin lumayan kecil & rusak juga maklum kita lewat perkampung yg nembus ke daerah Parung. Di jalan Deli info di grup untuk patungan beli bensin Rp. 10.000/orang, oke kita langsung kasih ke Deli untuk nambahin beli bensin. Setelah melewati parung ada 2 alternatif bisa lewat Semplak & jalan baru. Kalau lewat jalan baru kita harus muter & berisiko macet akhirnya kita lewat Semplak. Dari Semplak Oop langsung ke daerah Leuwi Liang, agak bingung sih gw waktu itu dengan rute yg di pilih karena gw fikir bakal lewat alternatif ke daerah Ciapus.

Di pertigaan Leuwi liang ada jalan cagak kalau ke kanan ke daerah IPB & setahu gw itu sudah beda jalur, gw langsung suruh ambil kiri karena gw pernah ke daerah sini. Dari situ gw turun untuk nanya nanya jalan karena secara gw yg fasih bahasa sunda. Ternyata jalan nya lumayan jauh harus lewat perkampungan, di belakang si Agung & Iman uda colek colek gw mereka bilang lapar. Maklum kita belum sarapan baru makan cake yg di bawa sama Anisa, gw bilang ke Deli kalau kita harus istirahat & makan dulu karena kita sudah pada lapar. Akhirnya karena nanggung sudah mau sampai kita makan dekat daerah Pura Parahyangan, perjalanan lumayan lama hampir 3 Jam.

Makan dulu
Selesai makan Mie Rebus kita langsung ke Pura parahyangan. Kebetulan waktu kita kesana baru ada yg selesai sembahyang jadi kita bisa masuk ke lokasi biarpun tidak bisa masuk ke dalam Pura nya karena khusus untuk orang yg sembahyang saja. Di sini kita di suruh untuk memakai kain untuk di ikat di pinggang, ngada tiket masuk cuma kita di minta untuk memberi seiklasnya saja.

Welcome
Pura (Foto credit : Deli)
Namaste
Gapura Depan
Jones

Selesai foto foto di bagian depan Pura kita masuk ke bagian dalam, di sini lagi banyak pengunjung. Kebanyakan pengunjung adalah orang bogor juga.

Tampak Depan (Foto credit : Iman )
Cloudy
Entah lagi ngepain
Finally i'm here
Tukang Jalan

Kita nga lama di Pura Parahyangan karena next spot kita mau ke Kampung Wisata Sindang Barang. Cuaca juga uda mulai mendung & mau hujan.

Pulang Sembahyang
Markipul

Di tengah jalan hujan pun turun & gw harus turun dari mobil lagi untuk nanya jalannya, jujur di sini gw agak kesel karena harus gw lagi yg turun untuk nanya jalan. Nga berapa lama kita sampai di lokasi karena masih hujan kita berteduh di sebuah bale bale dekat Kampung Wisata Sindang Barang. Setelah hujan reda kita langsung jalan kesana. Pintu masuknya hanya ada pagar dari kayu yg setinggi paha orang dewasa, tidak ada penjaganya jadi kita langsung masuk.

Pas baru masuk dari kejauhan ada suara bapak bapak dari dalam rumah, manggil manggil kita. Spontan yg lain nyuruh gw untuk samperin tuh bapak, why me padahal kan gw lagi nga buka trip & nga lagi jadi TL juga. Ya sudah lha gw samperin aja dari pada lama, langsung si Bapak ngajak ngobrol & ngasih brosur untuk paket menginap. Ternyata kita di larang untuk foto foto kalau mau foto harus bayar HTM sebesar Rp. 25.000,-  & kita akan di ajak keliling liat rumah rumahnya.

Cuma Anisa yg sempat foto

Gw langsung manggil Finsya & Anisa untuk nga foto foto lagi,hmmm agak komersil sih menurut gw. Gw speak speak aja mau survey dulu & punya plan untuk menginap di sini, tetap kita harus bayar HTM itu walaupun kita cuma foto rumah yg ada di depan saja. Akhirnya gw minta ijin untuk diskusi sama teman teman, setelah tanya sama teman teman mereka kurang tertarik & bilang balik aja. Ya sudah akhirnya kita pulang, " Jul lo nga pamit dulu sama bapak nya " tanya teman gw, nga usah lha kita langsung cabut aja.

Disini mood gw mendadak jadi kurang bagus, oke lupakan saja soal mood gw. Setelah dari Kampung Wisata kita langsung ke Bogor ke tempat langganan tempat kita makan untuk mampir isi perut karena siang nya kita cuma makan Mie rebus saja. Dari situ kita langsung pulang ke Jakarta, gw minta Deli & Oop untuk nganterin kita ke Stasiun Bogor saja yg lebih gampang. Akhirnya perjalanan one day trip ke Pura Parahyangan Bogor selesai juga.

Thank You Bogor :)

Popular posts from this blog