Mau Liburan Asik, Murah dan tidak Jauh Dari Jakarta, Yuk.. Main ke Curug Putri Kencana

CurugPutri Kencana
Musim kemarau seperti sekarang ini paling asik main ke pantai atau ke curug karena cuacanya lagi bagus - bagusnya. Kalau main ke pantai pasti ngeluarin kocek  paling sedikit 300 - 400 ribu, sedangkan kondisi keuangan saya kebetulan lagi tidak mendukung (curhat) tapi kaki rasanya gatel pingin jalan - jalan. Liburan yang murah dan paling terjangkau jaraknya dari Jakarta yah paling main ke curug yang ada di sekitaran Bogor. Bogor selain dikenal dengan kota seribu angkot sekarang dikenal dengan kota seribu curug karena banyaknya curug yang ada di Bogor.

Seperti biasa iseng - iseng nanya ke mba Caecil weekend minggu ini mau kemana ? Kalau gak kemana - mana saya mau ajak main ke Curug Putri Kencana Bogor. Gayung pun bersambut weekend ini mba Caecil lagi tidak ada acara dan mas Adi (suaminya mba Caecil) juga kebetulan bisa. Ya sudah lah akhirnya mengajak dua rekan saya lainnya yang pernah ke curug bareng yaitu Morgan dan Gloria. Seperti biasa kami janjian di stasiun depok lama jam 08.00 pagi, untuk Gloria yang suka telat (maaf yah glo) saya bilangnya janjian jam 07.15 hehehe... Setelah semua berkumpul di depan alfamart stasiun depok kami langsung berangkat menuju Babakan Madang Sentul Bogor.

Akses menuju Curug Putri Kencana :
Untuk teman - teman yang belum pernah ke curug - curug yang ada di Babakan Madang Sentul akses nya gampang banget kok. Patokannya adalah Jungle land, jadi kalau yang membawa kendaraan roda empat keluar di pintu toll sentul. Dari keluar pintu toll cari saja arah mau ke Jungle Land. Nah setelah ketemu Jungle Land belok ke kanan, dari situ lurus saja terus arah hutan pinus Gunung Pancar. Nanti ketika bertemu pertigaan belok ke kiri disana ada petunjuk untuk ke Curug Leuwi Hejo dan Curug Putri Kencana. Tanya ke penduduk sekitar juga pasti tahu jadi gak mungkin kesasar.  Setelah ketemu turunan yang lumayan curan dan jembatan berarti sudah dekat ke Curug Putri Kencana dan posisinya ada si sebelah kanan jalan.

Ada beberapa Curug
Trek dari Curug Pariuk ke Curug Putri Kencana

Akhirnya kami sampai di lokasi parkiran, dari parkiran kami melewati rumah penduduk dan setelah ber jalan kaki 10 menit akan ketemu loket tiket. Untuk harga tiket masuk Rp. 15.000,- saya sempat bertanya ke penjaga loketnya apakah tiket ini bisa dipakai untuk ke semua curug yang ada disini karena disini ada beberapa curug. Takutnya nanti pas kami mau ke curug yang lainnya ada pungutan liar lagi, pada saat itu penjaga loketnya jawab tidak ada cuma bayar disini saja.

Ok akhirnya kami langsung membayar HTM dan langsung treking ke atas. Untuk trekingya tidak terlalu jauh dari loket tiket hanya berjalan kurang lebih 15 menit. Tahun lalu saya pernah kesini bersama keluarga tapi hanya sampai curug Pariuk karena bawa ponakan yang masih kecil, curug Pariuk  posisinya ada di paling bawah. Kali ini saya langsung ke Curug Putri Kencana, oh yah Curug Putri Kencana beberapa kali pernah masuk acara TV MTMA juga lho hehehe...
Kalau disini lumayan ramai
Banyak akamsi

Diatas Curug Putri Kencana ada Curug yang lainnya juga dan tempatnya asik untuk berenang - renang tapi sayang diatas suasananya lebih ramai. Jadi kami langsung turun ke Curug Putri Kencana mumpung masih sepi.
Clear water
Sampai dibawah kami langsung excited banget lihat keindahan curug Putri Kencana dan warna airnya yang berwarna hijau tosca bikin mata langsung adem. Tanpa basa basi kami langsung ganti baju siap - siap untuk berenang dan main air.
Mending foto selfie di curug dari pada di toilet hehehe
Pasangan romantis
Sebelum baju dan rambut basah semua saya foto - foto dulu di curugnya mumpung masih kece hehehe...Curug Putri Kencana instagramable banget jadi cocok untuk teman - teman yang narsis dan juga eksis seperti saya. Apalagi kalau bawa kasur untuk floating pasti fotonya makin keren.
Jump..jump(foto credit : Mba Caecil)
Nongkrong asik (foto credit : Mba Caecil)
Santai banget (foto credit : Mba Caecil)

Setelah puas foto - foto narsis saya langsung nyemplung ke dalam air, untuk kedalaman air disini 5 meter jadi untuk teman - teman yang tidak bisa berenang main airnya dipinggir saja biar aman. Untuk teman - teman yang mau main kesini saya sarankan datang pagi karena suasananya masih sepi jadi berasa curug milik sendiri dan selain itu juga bisa puas foto - foto nya.

Siangan dikit mulai datang satu dua orang pengunjung lainnya, kami pun memutuskan untuk pindah ke curug love yang ada diatas. Sebelum melanjutkan perjalanan ke atas kami mampir sebentar di warung untuk makan siang. Saya tanya ke bapak warung kalau dari sini menuju ke Curug Love kira - kira berapa lama ? Dan info dari si bapak sekitar 30 menit.

Berarti lumayan jauh jaraknya dan saya menanyakan pada yang lainnya apakah mau melanjutkan perjalanan atau main disini saja. Morgan bilang lanjut saja dari pada nanti pulang penasaran lagian juga nanggung sudah disini. Glo sempat ragu untuk melanjutkan perjalan dan dia bilang " apa saya nunggu disini saja yah mba ?"
Yah sayang banget kalau nggak ikut, Saya bilang jalannya santai saja lagian masih siang. Akhirnya selesai makan mie instan kami langsung melanjutkan perjalanan ke Curug Love.