Tips Merencanakan Liburan Bersama Teman-teman



Liburan adalah salah satu kebutuhan untuk menyegarkan tubuh & pikiran kita dari ke jenuhan selama bekerja. Apalagi jika kita berlibur bersama teman-teman pasti banyak keseruan & cerita-cerita lucu. Berlibur dengan teman-teman yang memiliki gaya yang sama membuat kita tidak sulit untuk menyatukan suara & ide. 

Untuk melakukan liburan bersama teman-teman ada beberapa hal yang harus kita persiapkan supaya liburan kita sesuai dengan rencana. 


1.Tentukan Destinasi


Kita harus berunding untuk menentukan destinasi yang akan kita tuju. Biasanya Saya & teman-teman berunding  di grup chatting. Pasti akan ada beberapa ide dari teman-teman yang muncul mengenai tempat yang akan kita tuju. Keputusan akan di ambil di lihat dari kondisi keuangan, waktu & cuaca.

Jika kondisi keuangan lagi pas tanggal tua atau keuangan lagi menipis biasanya kita merencakan liburan yang dekat-dekat saja. Atau kalau cuti kita sudah habis biasanya kita akan berlibur di saat weekend. Cuaca juga menjadi salah satu pertimbangan untuk kita berlibur, tidak mungkin di saat musim hujan kita berlibur ke pantai.

2. Bagi Tugas


 
Mulai dengan membagi tugas, libatkan semua teman untuk ikut ambil bagian masing-masing. Misalnya ada pembagian tugas untuk membuat itinerary, mencari Hotel & sewa kendaraan, mencari tiket ( jika pergi menggunakan Kereta / Pesawat ) dan yang tidak kalah penting adalah bendahara. 

3.Tentukan Transportasi & Akomodasi



Untuk Liburan yang hanya di kota terdekat  kita harus menentukan pilihan apakah kita mau naik kendaraan umum, Rental mobil atau kendaraan Pribadi. Untuk Destinasi yang cukup jauh kita harus memilih apakah mau naik Pesawat atau Kereta Api dengan pertimbangan waktu & biaya. Mulai lah browsing akses menuju tempat yang akan dituju atau jika ingin merental mobil kita bisa browsing jasa penyewaan mobil dan coba lah untuk bernegosiasi supaya mendapatkan harga yang murah.


Untuk akomodasi di tempat kita berlibur alangkah baiknya kita booking dari beberapa hari sebelum keberangkatan. Mengingat pada saat weekend atau high season hotel selalu Penuh. Pilih lha hotel atau Penginapan yang sesuai dengan budget kita.

4.Membuat Itinerary


Supaya waktu kita tidak terbuang habis karena bingung menentukan tujuan ketika sudah sampai di tempat liburan alangkah baiknya kita menyusun itinerary. Mulai lah mencari tahu tempat wisata apa saja yang bisa kita kunjungi selama di sana. Biasanya saya melihat dari beberapa travel blogger  untuk memilih destinasi, pasti banyak informasi yang kita dapatkan.

5. Menghitung Budget

Foto credit ( Blog Detik )

Budget sangat penting karena kita tahu berapa estimasi biaya yang harus kita keluarkan & berapa uang yang harus kita bawa. Biasanya Saya & teman-teman liburan dengan low budget. Saat kita liburan kita selalu sharing cost, semua pengeluaran yang kita keluarkan kita bagi sama rata. Dengan budget yang sesuai dengan kondisi keuangan kita, Bagi Saya & teman-teman liburan tidak selalu mahal tinggal bagaimana kita mengatur nya saja.


Ketika semua sudah di persiapkan dengan baik pergunakan waktu berlibur bersama teman-teman dengan baik ( Quality time ). Di hari-hari biasa mungkin kita sangat sulit untuk bertemu karena kesibukan masing-masing. Disini kita bisa sharing menceritakan hal-hal yang kita alami selama di kantor, lingkungan kita atau cerita tentang hal-hal yang lucu sambil tertawa bersama. Liburan bersama teman-teman adalah moment yang akan selalu kita ingat & itu akan menjadi cerita manis di masa yang akan datang.



Comments

Popular posts from this blog

Backpacker ke Nusa Penida Bali

Kini Akses Menuju Geopark Ciletuh Lebih Mudah dan Cepat Melalui Jalur Loji

Kemping Ceria di Hutan Pinus Loji Bogor