Kemping Ceria di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Camping ground

Berawal dari Obrolan Gw, Iday dan Iman tentang postingan Sosmed orang di Curug Gentong Bogor. Kita lihat dari Foto Curugnya bagus dan masih alami, katanya masih jarang orang yang datang kesana karena baru di temukan. Cari tahu dari semua sosial media dan browisng di Internet akhirnya kita menemukan Lokasi Curug tersebut. Jumat malam tanggal 23 Oktober ada Whatsapp masuk dari Iday, " Julehaa Monitor lagi dimana yuu " " Oi lagi diKosan Day " " Besok mau ikut nga ke Curug bareng sama kawan kantor Gw si Coiboi2 " Gw pun langsung jawab " Ok Day ikut ". Padahal minggu lalu Gw baru balik dari Makassar tapi kaki nga pernah cape dan Bosan untuk Jalan, Ya namanya juga si Kaki Gatel kalau bisa tiap minggu jalan terus.

Akhirnya kita pun janjian besok sabtu Jam 3 sore di St. Tebet, Iday and Coiboi2 masih harus kerja dulu di Hari sabtu. Jam 03.10 Gw pun sudah Standbye di St. Tebet, Gw fikir bakalan telat. Sampai di St. Tebet seperti biasa mereka belum pada nongol, jadi Gw harus nungggu mereka. Jam 03.45 baru lha mereka pada datang, Gw pun kenalan sama teman temanya Iday ada Riky, Pimen, Cece ( pacarnya Pimen ), Cuplis dan Tasik. Satu lagi ada si Mimin alias Iman, Jadi kita semua ber Delapan. Setelah berkumpul semua kita pun langsung Naik Commuterline ke Bogor.

Sampai di Bogor
Jam 05 kurang kita sudah sampai di St. Bogor, kita harus menunggu angkot yang akan kita sewa sampai Lokasi. Karena akses kesana sedikit ribet dan nga ada angkot kalau sudah sore, akhirnya Riky temannya Iday sudah booking Angkot temannya. Untuk Angkot dan Logistic kita sharing cost ber delapan. Sewa angkot sekali jalan sampai Lokasi Rp. 250.000,- hitungan jauh lebih murah dari pada kita harus ngeteng naik turun angkot dan waktu pun jadi lebih lama. Untuk sewa angkot bisa contact ke Kang Ade di No HP 085814542051.

Ngangkot
Setelah Kang Ade datang kita langsung menuju Tn. Gunung Halimun Salak, entah kenapa waktu itu arah kesana Macet banget mulai dari Jembatan merah sampai ke arah IPB. Tapi macet jadi nga terasa membosankan karena dengerin ocehan dari para Coiboi. Di Kampus IPB kita mampir untuk makan malam dan beli Logistic untuk disana. Selesai makan kita pun melanjutkan perjalanan menuju Lokasi.

Tinggal pilih Curugnya :D
Jam 09.30 Malam kita sampai di Pintu masuk Objek Wisata TN. Gunung Halimun Salak. Untuk tiket masuknya Rp. 10.000,-/orang. Di dalam TN. Gunung Halimun Salak ini ada banyak Curug atau Air Terjun, Tujuan utama kita adalah ke Curug Gentong. Kita pun langsung ke Curug Gentong, setelah sampai di Gapura Curug Gentong Iman, Riky dan Iday Cek Lokasi untuk nge Camp. Ternyata disana tidak memungkinkan untuk kita nge Camp, akhirnya kita nge Camp di Camping Ground Hutan Pinus Pasir Rengit. Lokasinya tidak jauh dari Curug Gentong jadi kita harus jalan kaki lagi.

Ketika sampai di Camping Ground Gw dan Iday jalan di belakang tiba tiba ada Bapak yang dateng ngajak ngobrol. Awalnya asik nanya kita dari mana tapi ujung ujungnya Bapak itu minta uang, kalau kata Iday bapak itu uda merhatiin kita dari warung yang ada di depan. Si Bapak minta uang masuk untuk ngeCamp perorangnya Rp. 10.000,- kita pun nga mau kasih uang begitu saja karena Bapak ini kurang jelas dari mana. Katanya dia pengelola disitu tapi tampangnya meragukan, akhirnya kita tawar menawar jadi Rp. 5.000,-/orang. Karena kita nga ada uang pas akhirnya Iday kasih uang Rp.50.000,- dan minta kembalian. Pas kita minta kembalian Bapaknya malah minta uang lagi katanya kurang,  Duh ini bapak ngeselin banget, akhirnya Gw bilang " Kalau saya kasih Rp. 10.000,-/orang bapa mau kasih tiket nya nga ". lalu dia bilang " Kalau kalian nga mau mending kalian pergi aja nga usah nge Camp disini ".

Akhirnya biar sama sama enak kita bilang, Ya udah Pak Lima puluh ribu aja semuanya dan akhirnya Bapak itu pun mau, mungkin dari pada nga dapat uang sama sekali. Di Ujung sana Teman teman pada teriakin kita karena kita lama. Oknum oknum nga jelas seperti Bapak ini banyak sekali ditemukan di daerah Wisata. Bukan masalah nominalnya tapi ketidak jelasin asal Bapak ini yang bikin aneh, tiba tiba muncul & nga bisa kasih tiket masuk untuk kita. Selesai urusan dengan Bapak tadi teman teman pun mulai pasang tenda, Cuplis sibuk pasang Hammock. Gw dan Cece diam aja ngeliatin mereka pada sibuk hehehe.

Our Satnite :)
Iday mulai mengeluarkan Nesting & kompor kecil untuk masak air panas, karena di tempat dingin gini enaknya minum yang hangat hangat. Tasik, Iman dan Riky sibuk cari kayu kering untuk bikin Api Unggun, Gw & Cece santai di Hammock nya Cuplis. Malam minggu nge camp itu asik lho, maming nga harus nonton atau nongkrong di cafe.

Api unggunan
Biar hangat
Denger para The Coiboii ngoceh ada saja cerita lucu dan bikin Gw ketawa. Di saat lagi asik asik ngobrol tiba tiba ada suara Brukk... suara Jatuh itu datang dari Hammock yang di dudukin sama Tasik dan Riky, Hammock Cuplis pun Robek karna kena batang pohon yang ada ditengah. Entah kenapa Hammock itu bisa jatuh mungkin karena ikatannya yang kurang kuat atau melebihi beban Hammock. Untungnya kata Cuplis masih ada Garansi tapi tetap saja bikin dia jadi sedikit lebih bete dan dia langsung masuk tenda dan tidur hehehe. Padahal tadinya Cuplis mau tidur di atas Hammock dan Gw juga pingin Foto di Hammock pas pagi sambil santai nikmatin pagi disini. Nga kerasa sudah jam 3 subuh Gw pun masuk ke dalam tenda, disusul Iday dan Iman. Riky dan Tasik terpaksa tidur diluar karena tendanya nga cukup. Semakin pagi udaranya semakin dingin jadi bikin Gw nga bisa tidur nyenyak. 

Selamat Pagi
Masih ngantuk yah Man :p
Hutan Pinus
Perasaan baru tidur sebentar tapi uda terang lagi aja, diluar teman teman sudah bangun dan Gw denger ada Ibu ibu yang berjualan Nasi uduk dan Gorengan. 

Sikat Gigi dulu
Gw pun langsung bangun dan Cuci muka Gosok Gigi, rapihin muka dulu biasa bikin Alis biar kece pas di Foto nanti hehehe. 

Masak masak
Chef Iday

Waktunya untuk sarapan, Si Iday jadi Chef nya dia ngangetin Ayam Goreng dan Tahu Tempe yang kita beli semalam. Riky masak air panas untuk nyeduh Teh dan Kopi, Gw cuma bisa liatin karena bingung mau ngepain karena semuanya sudah mereka kerjain.

Nunggu
Masih lama yah Day
Selesai masak Nasi dan Lauknya lalu di taruh di tengah terus makan bareng bareng, kalau makan kaya gini jadi ingat di Rumah suka Botram sama teman teman ( istilah dalam bahasa sunda makanan rame rame ). Suasana kebersamaan di Alam seperti ini yang bikin Gw ketagihan dan nga pernah bosan.

Nyuci dulu :D
Selesai makan Gw sama si Iday mencuci semua peralatan masak karena cuma itu yang bisa Gw kerjain hehehe. Betah deh nyuci disini karena airnya langsung dari pancuran yang berasal dari Gunung kali yah jadi dingin dan segar.

Santai santai
Sekarang waktunya acara bebas, bebas mau ngepain aja. Ada yang santai santai sambil nikmatin udara pagi yang segar, ada juga yang foto foto.

Kelakuan
selfie
Nunjuk apaan sih (Foto credit : Riky)
Coiboi (Foto credit : Tasik)
Gw pun nga mau kalah, foto foto itu harus kalau lagi jalan selain untuk dokumentasi ya untuk di share di sosial media juga hehehe. 

Colorfull (foto credit : Iday)
Yellow
Pinus
Nga terasa sudah jam 09 pagi kita pun harus packing karena tujuan kita adalah mau ke Curug Gentong. Tidak lupa semua sampah dikumpul kan di Trash bag dan sisa Api unggun di pastikan mati karena sekarang lagi musim kemarau.

Packing
Jalan menuju Curug Gentong
Groufie

Selesai Packing dan Bongkar tenda kita jalan kaki menuju Curug Gentong, Lumayan nih jalan pagi anggap saja Olah raga.

Curug Alami (foto pas malam, Credit to Tasik)
Arah ke curug
Ohh yah Curug Gentong sekarang sudah ganti Nama yang tadinya Curug Goa Lumut jadi Curug Gentong dan sekarang ganti jadi Curug Alami.

Welcome
Another Groufie

Untuk tiket masuk ke Curug Alami Rp. 7.500,-/orang, kita nga langsung bayar tiket nya karena kita mau lihat Curugnya dulu.

Jalan menuju Curug Alami
Curug Alami (foto credit : Iday)

Curug Alami
Gw, Iday dan Riky turun kebawah melihat Curugnya, ternyata tempatnya tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Jauh dari apa yang kita lihat di Instagram Orang orang, kalau di Instagram Airnya Hijau, bening dan Air Terjunnya bagus. Mungkin kita datang pas musim kemarau jadi Viewnya kurang bagus dan nga ada spot untuk kita bisa istirahat. Akhirnya kita memutuskan untuk pindah Spot dan cari Curug lain yang dekat sini. 

Jalan ke Curug Pangeran
Bukan pendekar
Karena Curug yang terdekat adalah Curug Pangeran akhirnya kita langsung jalan menuju Curug Pangeran. Masuk ke dalam Curug Pangeran kalau jalan kaki lumayan juga karena jalannya menanjak.

Welcome
Akhirnya sampai juga di Pintu masuk Curug Pangeran, seperti biasa kita harus bayar tiket masuk. Tiket masuknya Rp. 7.500,-/orang, wah kalau kita mau masuk ke semua Curug lumayan juga yah Rp. 7.500 di kali Curug yang ada disini. Padahal kan sebenarnya kita sudah bayar tiket masuk untuk ke TN. Gunung Halimun Salak ini, kenapa masih harus dipunguti biaya setiap masuk Curug. Kalau pun Bayar untuk menjaga Curug tetap bersih Tarif tiket masuknya dikurangi lha. Kalau seperti ini kan jadi bikin orang malas untuk datang, belum lagi di bawah toilet untuk ganti bajunya pasti bayar. Itu lha yang gw kurang suka dari tempat wisata kebanyakan, semuanya komersil. Gw kurang tahu apakah ini dikelola oleh Pemerintah atau penduduk setempat, kalau di kelola oleh Pemerintah seharusnya bisa mengurangi tarif tiket masuk dan toilet seharusnya tidak bayar karena pemerintah tinggal memperkejakan orang saja untuk bersihin, tapi ya sudah lha itu kan cuma ke pengen Gw aja. Gw pun berhasil bernegosiasi sama Akang yang jaganya jadi kita hanya bayar Rp. 30.000,- semuanya, lumayan lha yah. Kita pun turun kebawah dan cari lapak untuk istirahat.

Riky lagi berusaha
Sengaja Gw bawa Ban Kasur punya Endang untuk dipakai di Curug supaya bisa main dan tidur tiduran, minta tolong Riky dan Pimen untuk niup Ban nya.

View dari atas (foto credit : Iday)
Kolam alam
Bisa untuk berdua
Makasih Imin :D

Pas kita kesana masih lumayan sepi dan Gw bisa bebas main pakai Ban serasa punya kolam pribadi. Sayang curugnya juga kurang bagus karena kemarau, pas teman Gw kesini Curugnya lagi bagus. Semakin siang orang makin banyak yang datang, dari pada Gw jadi bahan tontonan akhirnya Gw dan yang lain kembali ke tempat kita kumpul. Kompor dan Nesting di keluarin lagi karena kita mau nyeduh air panas untuk Pop Mie, airnya ngambil dari curug yang ada di atas lho keren kan hehehe.

Airnya kering
Anak ilang
Selfie (Candid : Riky)
Main Air

Tidak terasa sudah Jam 4 sore kita pun siap siap untuk pulang, Riky menghubungi Kang Ade untuk menjemput kita di Curug Pangeran. Gw pun langsung buru buru ke kamar mandi untuk Bilas dan Ganti Baju.

Nunggu
Karena Kang Ade masih ada urusan sebentar jadi kita masih harus nungguin dia, untuk membunuh waktu ya kita foto foto Groufie dulu lha. Akhirnya Kang Ade pun datang, kali ini mobilnya berbeda tempat duduknya lebih kecil karena di modifikasi seperti angkot dan dia bawa 4 orang anggota keluarganya.

Sempit jadi duduk dibawah
Karena sempit terpaksa Iman dan Riky duduk dibawah, untung lha perjalanan pulang tidak semacet pas pergi, kalau macet parah lumayan juga nih pegel. Akhirnya kita sampai juga di St. Bogor, sebelum pulang kita mampir untuk makan malam dulu. Dan akhirnya Weekend Gateaway dengan para Coiboii berakhir sudah, Terimakasih yah untuk keseruan dan ketawa tawanya. Semoga Next time Gw bisa di ajak lagi, See next Trip Guys.


Thank You Bogor :)









Comments

  1. Wisata bogor wisata komersil yg banyak punglinya, penglolanya mata duitan semua.. Udah dari dulu begitu gk ada tobat malah makin ugal ugalan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita Horor di Puncak Galau Gunung Kapur Ciampea - Bogor

Cimaja Beach Club, Tempat Nongkrong Asik di Pelabuhan Ratu

Kini Akses Menuju Geopark Ciletuh Lebih Mudah dan Cepat Melalui Jalur Loji