Fun Kemping di Sukamantri


Tanggal 5 Desember si Iman alias Mimin alias Firman ulang tahun nih yang ke sekian kalinya hahaha. Rencananya kita mau ngerayain sambil kemping ceria di Sukamantri Bogor sama Coiboii motoran. Jadi kalau mau ikut harus ada teman untuk ditebengin dan untungnya Gw nebeng bareng Agung. Tinggal Deli cari teman yang bisa di tebengin dan akhirnya kita ngajak Heru untuk ikut biar dia bisa boncengin Deli dan biar tambah rame juga. Dan kali ini si Iman mau bawa pacar barunya Mila untuk dikenalin sama teman - teman, kalau Gw sebelumnya uda pernah ketemu.

Hari Jumat tanggal 4 Desember Iday & Agung datang ke kosan Gw untuk ngomongin acara besok. Tiba - tiba Iman ngabarin kalau Mila nga bisa ikut karena ada training mendadak. Iman jadi bete karena sebelumnya dia uda excited bisa jalan barang Mila dan dia jadi dilema antara ikut atau engga karena Mila nga bisa ikut. Akhirnya Iman memutuskan untuk ikut dengan Ijin dari Mila. Padahal Dia dan kita uda susah payah cari solusi gimana caranya biar Mila bisa ikut sesuai dengan rencana, tetap saja si Mila nolak. Gw dan Iday cari cara untuk ngehubungin Mila untuk ngasih tahu dan ngerayu biar bisa ikut karena disana kita mau sekalian rayain ulang tahunnya. Karena kita nga punya contatc Mila sama sekali akhirnya Iday cari Mila di Facebook sedangkan Gw cari di Instagram, setelah ketemu akhirnya kita inbox dia. Ada respon dari Mila ke Gw dan ternyata si Mila mau bohong ada Training kantor dia mau ngerjain dan bikin surprise untuk Iman. Dia mau ngehubungin kita untuk ngerjain bareng nga bisa karena nga punya contact kita, mau minta ke Iman takut curiga katanya. Dia juga bilang rencananya habis pulang dari rumah Iman mau ngehubungin Gw atau Iday. 

Ok akhirnya kita bikin rencana untuk bikin kejutan, jadi rencananya besok Gw berangkat bareng Mila. Nanti alasannya Gw langsung ketemu mereka di Bogor karena Gw mau janjian sama Mantan Gw dulu hehehe. Sabtu tanggal 5 Desember Gw janjian sama Mila di St. Cikini karena kita mau ambil Cake ulang tahun di Double Tree Hotel ( lumayan pesan sama ade Gw pake staff rate nya ). Dari St. Cikini kita menuju St. Bogor, sekitar jam 2 siang kita sampai di Bogor dan kita mampir di Mall BTM. Mereka baru jalan jam 12 dari Jakarta karena hujan jadi harus neduh dulu. Untung lha di Bogor sudah ada Gojek jadi kita naik Gojek ke Sukamantri. Sukamantri ada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, jadi kita harus ke daerah Ciapus cari Bumi Perkemahan Sukamantri.
NgeGojek

Dari jalan Raya kita masih harus masuk kedalam sekitar 3 Km dengan kondisi jalan 1,5 Km jalannya bagus beraspal dan sisanya bebatuan. Karena kita sudah jauh dari Jalan raya dan jalalanan sudah mulai sepi si Gojek mulai menanyakan dimana lokasinya. Mereka bilang kalau ini sudah lewat dari batas area yang kita Booking, kita Booking dengan pilihan Desa Sukamantri sedangkan kita udah jauh banget. Lokasinya masih jauh kedalam dengan kondisi jalan batu besar, kita ngatau seberapa jauh ke tempat perkemahannya. Gojeknya nga berani melanjutkan perjalanan keatas karena bensin mereka sudah mau habis dan sudah mau magrib jadi kwatir pulangnya. Aduh mana disini susah sinyal, kita bingung mereka sudah sampai diatas atau kita duluan yang sampai disini.

Tempat nungguin
Akhirnya kita memutuskan untuk turun ke bawah sedikit, kita cari tempat yang aman untuk nunggu kabar dari yang lain. Untung lha ada rumah dari perusahaan pertanian yang didepannya ada pos penjaga. Kita numpang dan di ijinin sama Bapak yang jaga.
Abang Gojek

Si Abang Gojeknya nunggu sebentar sampai kita bisa ngehubungin teman teman karena disini susah banget sinyalnya, mereka kwatir kalau kita kenapa - napa. Akhirnya kita berhasil ngehubungin Deli, ternyata mereka masih di Bogor mereka mampir untuk beli logistik. Kita ngasih tahu posisi kita dimana dan kita disuruh ngumpet dulu. Setelah dapat kabar dari teman - teman kita langsung bayar ongkos Gojeknya, karena kasian sudah jauh nganterin kita kesini dengan tempat yang diluar dugaan akhirnya kita kasih lebih.

Mereka sempat nga enak karena lebihnya jauh dari tarif yang ada, kita bilang ngapapa karena tempatnya jauh. Tinggal lha Gw, Mila dan Bapak yang jagain Pos, si Bapak sempat nanyain kenapa kita cuma berdua. Kita jelasin ke si Bapak ceritanya dan tujuan kita ke sini, untuk membunuh waktu akhirnya Gw ngobrol - ngobrol sama si Bapak. Karena kasian ngeliat kita akhirnya si Bapak nyuruh kita masuk ke dalam rumah dari pada diluar dingin, wah si Bapak baik banget.
With Mila
Lumayan lha Gw & Mila bisa istirahat pegel juga tadi naik motor sambil bawa Cake, apalagi bawanya harus hati - hati takut Cakenya hancur. Telfon masuk dari Iday dia bilang mereka sudah masuk daerah Sukamantri kita disuruh siap - siap. Jadi rencananya nanti Gw keatas dibonceng sama Iman sedangkan Mila dibonceng sama Agung belakangan. Pura - puranya nanti Agung & Riky mau numpang ke kamar mandi dulu jadi sebagian jalan duluan keatas biar Mila nga ketahuan ikut. Akhirnya mereka datang juga baru ketemu si Iman uda ngedumel katanya tadi sempat susah nyariin Gw. Terus dia bilang masih aja ketemu sama mantan bukannya bareng jalannya dari Jakarta bla bla bla padahal sebenarnya dia bete karena Mila nga ikut.

Kita langsung naik ke atas, Iday di depan disusul disusul motor Heru, Cuplis, Ucup & Iman. Jalanannya nanjak & bebatuan, bikin motor matic Iman susah untuk naik. Sesekali motornya berhenti karena nga kuat & mau nga mau Gw harus turun sambil jalan pelan. Motor Iday, Cuplis, Heru & Ucup uda naik duluan, tinggal Gw sama Iman di belakang ketinggalan. Iman bilang kita nunggu Riky sama Agung aja lha, waduh gawat nih kalau nunggu mereka bisa ketahuan kalau Mila ikut. Gw bilang aja " mereka uda di atas semua tinggal kita doank nih Iman dibawah ", dia percaya nga percaya dan akhirnya tetap jalan. Di atas motor Ucup sempat mogok, knalpotnya keluar asap & bau, kita berhenti sebentar sedangkan Iday tetap lanjut duluan sendiri.

Setelah motor Ucup uda benar akhirnya Ucup bilang " Jul pindah ke motor Gw aja, kalau belakangnya nga ada boncengan motor Gw loncat loncat " kasian juga lo kalau jalan kaki hahaha. Ya udah akhirnya Gw pindah motor, Iman senang banget karena uda nga bawa beban. Sampai lha di pintu masuk Bumi perkemahan Sukamantri, kita masih nunggu motor Agung & Pimen yang boncengan sama Riky. Setelah kumpul semua Iday langsung ke Loket pendaftaran, Si Mila di umpetin dibawah ditemenin sama Pimen.

HTM
Habis dari loket tiket Iday ngasih tahu kita kalau HTM Rp. 25.000/orang, wah kita shock banget dengarnya masa ngecamp harganya segitu. Akhirnya Riky nyamperin ke loket tiket, biasa dia mengeluarkan segala jurus relasinya yang banyak karena keaktifannya dulu di komunitas Wanadri. Cuplis bilang " nah tuh Jul biasanya lo jago nego coba samperin sana ", Gw pun gatel ikut nyamperin & nemenin Rilydisusul Cuplis. Gw nanya Rp. 25.000,- untuk biaya apa saja & si Bapak cuma mengeluarkan 2 tiket. Penasaran kenapa harganya bisa jadi Rp. 25.000,- si Bapak bilang kalau Rp. 5.000,- untuk parkir motor & Rp. 7.500 lagi untuk volounter kebersihan. Seperti biasa agak bingung sama pengelola seperti ini, kaya pungli yang terselubung. Akhirnya dengan negosiasi & speak speak kita, keluar lha nominal Rp. 170.000,- untuk 11 orang dengan Mila yang masih ngumpet.

Setelah selesai kita langsung cari lapak untuk buka tenda. Setelah tenda selesai Riky dan Pimen pergi untuk menyusun kejutan kecil, mereka sibuk membuat lingkaran dengan lilin. Sesuai dengan skenario yang sudah di buat tiba - tiba Pimen datang dengan muka panik nyamperin kita ke tenda.
- " Eh si Riky di tahan tuh di Pos, ngatau deh tuh anak tadi ngomong apaan, kita disuruh kesana dulu semua ".
Iman langsung bingung dan ngomong
- " Emang tadi pas di Pos si Coiboii ngomong apaan? aduh ada - ada deh si coiboii, ya udah sebagian kesana ". Terus Pimen bilang.
- " Nga bisa kita harus semua nya kesana ".
Iday Ucup langsung bilang " yaudah kita semua samperin Riky ke Pos ". Terus kita semua jalan ke arah Pos dan eng ing eng ....
Di tengah area yang kosong dan sepi ada sinar terang dari lilin - lilin yang di tengahnya ada Mila terus dibelakangnya ada Riky. Dengan ekspresi muka cengo, kaget dan bingung si Iman langsung bilang. " Ihh ko bisa ada dia sih disini, bukannya ada trainning dikantor ". Iman masih nga percaya & senyum senyum senang karena ternyata ada Mila.
Surprised ...
Kita pun langsung nyanyi lagu Happy Birthday untuk Iman & satu - satu harus ngucapin selamat & ucapan doa ditengah - tengah lilin hehehe... co cuitt yah. Ini semua idenya para Coiboii, ternyata mereka kreatif juga.
Bbq
Malam minggu kita
Foto keluarga
Selesai kasih kejutan kecil untuk Iman kita langsung kembali ke tenda, prepare untuk makan malam. Iman bawa Ayam yang uda disiapin sama nyokapnya untuk kita bikin jadi ayam bakar. Sempat gerimis sebentar & untung nga hujan gede. Gw pikir Sukamantri tempatnya dingin seperti di Hutan Pinus Loji atau Pasir Reungit, ternyata udaranya sejuk. Gw masih bisa pake celana pendek & kaos doank. Malam minggu ngumpul bareng teman - teman pasti jadi malam yang panjang kecuali Ucup yang sudah masuk tenda & tidur duluan.

Seperti biasa kita cerita seputar perjalanan, kali ini ngebahas pas kita pergi ke Haruman Bandung. Merembet lha jadi cerita Horor Riky, Iday & Deli punya cerita - cerita horor pas mereka naik gunung. Dengar mereka cerita jadi bikin Gw takut untuk naik gunung, nga kerasa sudah jam 4 pagi. Kita pun masuk tenda & sebagian ada yang tidur diluar karena tendanya nga cukup, sebenarnya tendanya cukup untuk kita semua tapi kemarin pas pasang tenda tiba - tiba stick tendanya Ucup patah jadi nga bisa dipaksain untuk dipasang.

Selamat pagi
Baru tidur sebentar Gw kebangun gara - gara diluar berisik banget, pas kita kesana kebetulan ada pelatihan calon tentara. Mereka pagi - pagi sudah harus bangun untuk kumpul latihan pake ada yel yel, tepuk tangan & hentakan sepatu. Aarrrgghhh rasanya pengen teriak & nyuruh mereka diam tapi nga mungkin banget. Akhirnya Gw coba tidur diluar tapi tetap aja jadi nga bisa tidur karena Ucup, Deli, Iman, Mila, Agung & Heru uda bangun juga. baru bangun Ucup & Iman langsung bikin bubur sumsum, hhmmm... kayanya enak nih. Matahari sudah semakin terang & tenda kita jadi panas karena nga ada pohon, sepertinya kita salah pilih tempat.


Agung enak bener tidurnya
Agung pun nyerah dia malah ambil matras & cari tempat yang teduh untuk tidur, untung lha para calon tentara itu sudah pada bubar jadi dia bisa tidur. Ngeliat Agung tidur akhirnya Gw punya Ide untuk pindah ke tempat yang teduh sambil bawa Flysheet.


Iday lagi bikin Rotbak
Karena sudah pagi akhirnya kita sekalian bawa peralatan masak buat sarapan, kali ini Iday mau bikin roti bakar pake keju.
Sarapan
Belakang behind the scene
Groufie
Ini baru namanya piknik, duduk bareng teman sambil makan & ngobrol wah paling asik banget tuh. Gw sibuk foto - foto roti yang dibikin Iday bareng Riky, biasa biar kekinian hehehe.
Tukang Candid
Si Riky seperti biasa jadi tukang foto Candid, dia sibuk fotoin kita pas lagi meleng hasilnya suka lucu & bagus.
Camping Ground Sukamantri
Ada yg Hammock an
Kali ini Gw nga banyak foto - foto, Gw lebih mau menikmati kebersamaan sama suasana sejuk di Sukamantri. Iman & Mila lagi menikmati susana dengan jalan - jalan berdua, waduh Gw kapan yah bisa kaya mereka hhmmm ....
para calon tentara
Tiba - tiba para calon tentara itu pada balik lagi, mereka nyanyi sambil yel yel, kita jadi nontonin mereka. Untung lha mereka nga lama jadi kita bisa leluasa untuk keliling.
Chef Iday
Makan besar :D
Nga kerasa uda mulai siang kita prepare lagi untuk makan siang, masih ada sisa ayam & nasi kemarin. Seperti biasa Chef Iday masak untuk kita semua, kita bantu nyiapin semua. Kalau makan sama coiboii pasti nasi & lauk dijadiin satu tempat ditengah untuk kita makan rame - rame.

Ngaso
Nyantai dulu lha
Selesai makan siang Gw, Mila & Deli ke kamar mandi yang ada dibawah, kita mau cuci semua peralatan bekas masak & makan. Selesai makan siang kita istirahat sebentar, Gw milih untuk tidur sebentar karena ngantuk banget.

Motor siapa aja nih
Nga kerasa uda jam 02.30 sore, cuaca uda mulai mendung. Kita langsung siap - siap untuk packing pulang sebelum hujan turun. Akhirnya hujan pun turun pas setelah kita sudah selesai packing & bongkar tenda. Kita neduh di Camp darurat tentara sambil ngobrol - ngobrol sama pelatih atau komandan tentara yang ada disana. Mereka sempat nanya kita dari komunitas mana, terus mereka becanda kalau kapan - kapan pengen diajak jalan - jalan sambil ngecamp sama kita. Hujannya sepertinya awet sampai malam, setelah nunggu selama 1 jam akhirnyan kita mutusin untuk menerabas hujan untung lha kita semua bawa jas hujan.

Sebelum pulang ke Jakarta kita mau makan Baso Boboho di Bogor. Setelah mampir makan Baso kita langsung kembali ke Jakarta, ada yang pulang lewat Parung & jalan raya Bogor. Deli harus gantian boncengan sama Cuplis, Iman pulang bawa Mila & Gw bareng Agung. Hujan turun sepanjang sore sampai Jakarta, biarpun pakai Ponco tetap baju & celana Gw basah. Ya udah lha mau gimana lagi, perjalanan dari Bogor sampai Jakarta hampir 3 jam karena Hujan & macet. Akhirnya weekend gate away kita di Sukamantri sambil ngerayain Ultahnya Iman berakhir juga. Kapan - kapan kalau ada yang ulang tahun lagi kita bisa lha yah ngerayainnya sambil kemping ceria lagi hehehe .... 


Thank You Sukamantri :)






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Backpacker ke Nusa Penida Bali

Kini Akses Menuju Geopark Ciletuh Lebih Mudah dan Cepat Melalui Jalur Loji

Kemping Ceria di Hutan Pinus Loji Bogor